Sosbud Sekitar 100 Anak di Rupat Ikuti Sunatan Massal Gratis

Sekitar 100 Anak di Rupat Ikuti Sunatan Massal Gratis

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Sekitar 100 anak mengikuti sunatan masal gratis yang digelar pemerintah kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (12/09).

Kegiatan sunatan massal tersebut juga bekerjasama serta dibiayai oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis.

Peserta sunatan juga diberikan kain sarung dan uang saku.

Camat Rupat, Khairumazri ketika dimintai keterangan mengatakan bahwa target peserta mencapai 100 anak, namun karena jarak yang terlalu jauh, ditambah dengan jalan yang rusak, peserta ada yang tidak hadir.

“Kalau dari awal hitung hitungan sekitar 100 orang dan hari ini genap seratus orang, kita umumkan sama desa dan kelurahan supaya hadir semuanya, cuma ada kendala sedikit yang agak jauh dan kondisi jalan kurang mendukung, takutnya nanti menjadi penyakit sehingga yang jauh tidak bisa hadir, nanti ada kebijakan dari desa, mungkin di Rupat Tengah ada lagi sunatan massal,” ujar Camat.

Tak hanya sunatan massal, lanjut Camat, hari ini juga ada agenda lainnya, yaitu perekaman e-ktp.

“Kita meraton keliling merekam eKTP masyarakat, hasil eKTP yang direkam semalam dibagikan minggu ini secara simbolis dengan kartu anak,” ujarnya.

Ibu kadis sosial, kata Camat, juga punya program untuk yang tidak tersentuh BLT atau bantuan covid.

“Dan yang lain khusus anak anak yang masih sekolah mengumpulkan dana, sekitar 40 orang nantinya menerima manfaat,” tambahnya.

Camat menghimbau pada masyarakat Rupat, desa, maupun kelurahan, bagi yang mempunyai rezeki lebih dan sudah memenuhi syarat untuk membayar zakat silahkan dibayar.

“Karena yang memanfaatkan bukan siapa-siapa, uangnya untuk masyarakat juga, ada unit penerima zakat kecamatan, Unit desa dan kelurahan, silahkan pilih yang mana, nanti uangnya tetap disalurkan ke Baznas, mereka yang mengatur kebijakan diarah mana yang perlu bantuan itu,” ungkap Camat Rupat.

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Aliambar mengungkapkan banyaknya hikmah zakat itu, diantaranya kita bersyukur atas nikmat Allah, kemudian membantu orang-orang miskin.

“Hari ini program Baznas salah satunya di bidang dakwah dan advokasi, khitan massal anak-anak duafa, secara ekonomi orang tua mereka lemah kita bantu, kami bekerja sama dengan Kapolres Bengkalis dalam rangka HUT Polantas, kita ada beberapa kecamatan, mulai kemarin di kecamatan Bengkalis,” ujarnya.

Salah seorang orang tua peserta sunatan massal, Mataram mengatakan dirinya sangat berterimakasih kepada pemerintah dan lurah Terkul, Camat Rupat, Kapolres Bengkalis dan Baznas yang telah membantu.

“Kami orang tua sangat terbantu,” ungkap Mataram.

Senada dengan itu, Gino juga berterimakasih kepada Lurah Tanjung Kapal, ketua RT, Camat Rupat, Kapolres Bengkalis dan Baznas yang telah membantu. “Semoga Allah yang membalaskan kebaikan bapak dan ibu,” ujarnya.

Pantauan awak media di lapangan, acara berjalan aman dan tertib, serta mengikuti protokol kesehatan, yaitu memakai masker serta menjaga jarak.

Pada hari pertama di Kecamatan Bengkalis, sunatan massal tersebut turut dihadiri Plh Bupati Bengkalis dan juga Kapolres Bengkalis.

Penulis: Johanes Simangunsong