Politik Pilpres 2019, Ini Syarat PKS Jika Gerindra Ingin Berkoalisi

Pilpres 2019, Ini Syarat PKS Jika Gerindra Ingin Berkoalisi

7
BERBAGI

JAKARTA,Tribunriau- Partai Gerindra beberapa hari yang lalu resmi mengusung Prabowo Subianto menjadi Capres di Pilpres 2019 mendatang, PKS kembali menegaskan persyaratannya jika Gerindra ingin berkoalisi.

“Kami sudah sampaikan kepada pak Prabowo. Kalau Gerindra ingin berkoalisi dengan PKS maka salahsatunya Pak Prabowo harus memilih Cawapres dari PKS,” ujar Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Sohibul Iman di Jakarta dilansir dari Republika, Sabtu (14/4/2018).

Untuk diketahui, sembilan nama kader PKS yang akan diusung menjadi pendamping Prabowo pada Pemilu 2019 yaitu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Presiden PKS saat ini Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, mantan Menkominfo Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera.

Prabowo sendiri, memiliki tugas untuk menemukan pasangannya yang memiliki elektabilitas dan dukungan mesin politik tinggi. Sampai sejauh ini, Prabowo maupun Gerindra belum menunjuk secara pasti siapa yang akan menjadi cawapres dalam Pilpres 2019.

Partai Gerindra mengumumkan hasil rapat koordinasi nasional (rakornas) yang menyimpulkan pemberian mandat bagi Prabowo untuk maju sebagai capres dalam Pilpres 2019 di Bogor Rabu (11/4). Prabowo menyatakan siap menerima mandat yang diberikan tersebut. (rci/red)