Politik Pemilu 2019, Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Dumai Tidak Ada...

Pemilu 2019, Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Dumai Tidak Ada Perubahan

BERBAGI


DUMAI, Tribunriau – Jumlah kursi di DPRD Kota Dumai pada Pemilu tahun 2019 mendatang tidak ada perubahan dari Pemilu Legislatif pada tahun 2014 silam, tetap berjumlah 30 kursi dan daerah pemilihan tetap dibagi menjadi empat daerah pemilihan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai, Darwis, S.Ag, saat rapat koordinasi uji publik terkait usulan penetapan daerah pemilihan dan jumlah alokasi kursi di DPRD Kota Dumai pada Pemilu tahun 2019 mendatang, Kamis (8/2/2018) di Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Dumai.

Berdasarkan Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) semester II tahun 2017 yang diterima oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Dumai, serta berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor.13/PL.01.3-Kpt/03/I/2018 tentang jumlah penduduk Kabupaten/Kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum pada tahun 2019 mendatang tidak ada perubahan dari Pemilu Legislatif pada tahun 2014 silam.

“Jadi setelah uji publik ini, usulan penetapan jumlah kursi dan dapil akan kita sampaikan ke KPU Provinsi Riau,” terangnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut komisioner KPUD Dumai lainnya yakni Edi Indra, Siti Khodijah dan Kurnia Ningsih, Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Efendy, Wakil Ketua Idrus ST, Ketua Panwas Kota Dumai Supratman, Ketua DPC PPP H Samsul Bahri, DPD PAN H Hasrizal, pimpinan parpol lainnya serta undangan lain dari Kepolisian, TNI, Camat, akademisi, ormas dan organisasi lainnya.

Edi Indra selaku devisi teknis menerangkan, pihaknya sudah menyampaikan draft usulan dapil dan jumlah kursi DPRD Dumai kepada pimpinan Parpol di Dumai pada 2 hingga 6 Februari 2018 lalu untuk dipelajari dan dikoreksi.

Ia mengakui, berdasarkan PKPU, seharusnya uji publik ini dilakukan pada 1 Januari lalu. Namun ada perubahan dari KPU bahwa uji publik dilakukan 7 hingga 13 Februari, persoalan dengan Dapil penyerahan ke KPU Provinsi yang kemudian dilanjutkan ke KPU RI pada 14 sampai 26 Februari 2018. Sementara untuk penetapan dapil, itu dilakukan pada 28 Februari hingga bulan April.

Ditambahkannya, prinsip penetapan Dapil salah satunya adalah berkelanjutan. Mengingat di Kota Dumai tidak ada perubahan yang signifikan, maka Dapil disesuaikan dengan pelaksanaan Pemilu tahun 2014 lalu, dengan jumlah penduduk Kota Dumai ketika itu sebanyak 277.995 orang.

Sementara berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri, penduduk di Kota Dumai hanya mengalami penambahan sebanyak 3 ribu orang. Artinya, tidak ada perubahan jumlah kursi di DPRD Kota Dumai, karena jumlah penduduknya belum mencapai angka 300 ribu.

“Jika jumlah penduduk lebih dari 300 ribu, maka jumlah kursi di DPRD Dumai bisa bertambah menjadi 35 kursi,” terangnya.

Edi Indra membeberkan, untuk Dapil I itu meliputi Kecamatan Dumai Kota dengan jatah sebanyak 5 kursi DPRD Kota Dumai. Sedangkan Dapil II meliputi Kecamatan Dumai Timur dan Kecamatan Medang Kampai dengan jumlah 8 kursi. Sedangkan Dapil III meliputi Kecamatan Bukit Kapur dan Kecamatan Sungai Sembilan dengan jumlah 8 kursi dan Dapil IV meliputi Kecamatan Dumai Selatan dan Kecamatan Dumai Barat dengan jumlah 9 kursi.

Uji publik ini akhirnya disepakati peserta undangan, sehingga hasil tersebut akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Riau. Selanjutnya pihak terkait menandatangani berita acara bersama-sama.(R24/SR/tn)