Hukrim Masa Tahanan Tiga Tersangka Pungli Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Diperpanjang

Masa Tahanan Tiga Tersangka Pungli Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Diperpanjang

BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Tiga tersangka Pungli terhadap tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, berinisial Ta serta dua orang stafnya RR dan MK, diperpanjang masa tahanannya oleh Kejaksaan Negeri Pekanbaru karena saat ini tengah mempersiapkan pemberkasan dakwaan, sebelum nanti dilimpahkan ke Pengadilan. Jika tak ada halangan, pelimpahan berkas tersebut dijadwalkan akan dilakukan pekan ini.

Hal itu diutarakan Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Pekanbaru Aswarman, Senin (2/10/2017) siang. “Kita ajukan perpanjangan masa tahanan tersangka hari ini ke Pengadilan,” ujarnya.

Adapun perpanjangan masa tahanan tersebut merupakan yang pertama diajukan jaksa dalam perkara tersebut. “Perpanjangan kita lakukan guna mempersiapkan perberkasan dakwaan sebelum dilimpahkan ke Pengadilan,” jelasnya.

Karena adanya pertimbangan dari segi keamanan, ketiga tersangka saat ini ditahan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pekanbaru dan bukan di Rutan Sialang Bungkuk seperti semestinya.

Tersangka Ta, RR dan MK dijerat dengan Pasal 12 Huruf e dan Huruf a serta Pasal 11 Undang-undang tentang pemberantasan tindak pidana Korupsi. Diduga mereka melakukan Pungli terhadap tahanan di Rutan Sialang Bungkuk.

Ta saat itu menjabat sebagai Kepala Pengamanan Rutan, sementara RR dan MK merupakan stafnya. Kasus itu mencuat setelah kericuhan pecah membuat ratusan warga binaan di Sialang Bungkuk berhasil melarikan diri.

Selain dijerat undang-undang Korupsi, Ta juga dikenakan undang-undang pencucian uang atau money loundry, di mana diketahui uang pungli tersebut dipakai dan dibelanjakan untuk kepentingan pribadi.(GR/Tn)