Pendidikan Jika Penuhi Syarat Prokes, Sekolah di Rupat Bakal Dibuka Belajar Tatap Muka

Jika Penuhi Syarat Prokes, Sekolah di Rupat Bakal Dibuka Belajar Tatap Muka

BERBAGI

RUPAT Tribunriau- Jika memenuhi persyaratan protokol kesehatan (prokes), sekolah di Rupat Kabupaten Bengkalis bakal dibuka untuk proses belajar tatap muka.

Rencananya, belajar tatap muka untuk beberapa sekolah di Rupat itu bakal dimulai pada tanggal 25 Januari mendatang.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Bengkalis, Agus Silfri Malis di kantor aula Camat Rupat, Jumat (22/1/2021).

“Kita sudah menyusun SOP yang sesuai prokes, ini acuan untuk proses belajar tatap muka 2020/2021,” ujar Agus.

“Ini sudah ada visioner dan akan diisi oleh kepala sekolah serta harus memenuhi syarat protokol kesehatan,” tambah Agus.

Dijelaskan Agus, jika ada salah satu sekolah belum memenuhi syarat prokes, pihaknya tidak membolehkan sekolah tersebut dibuka untuk sementara.

“Menurut wacana, kita tanggal 25 ini akan dimulai belajar tatap muka, namun tidak harus tanggal 25, sesuai dengan kesiapan sekolah untuk proses tatap muka, dan apabila orang tua tidak menyetujui anaknya untuk ikut dalam belajar tatap muka, boleh mengikuti belajar secara daring,” jelasnya.

Selain itu, untuk materi pembelajaran yang disampaikan akan diberikan waktu dua jam dalam satu hari mulai dari kelas 6 hingga 12 SMA.

“Sedangkan alat prokes, sudah dianggarkan dari dana bos,” pungkas.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kapolsek Rupat AKP Syadina Ali, SH saat dimintai keterangan terkait akan dimulainya proses belajar tatap muka mengatakan akan tetap melakukan pengawasan terhadap sekolah.

“Akan terus melaksanakan pengawasan ketat terhadap sekolah yang akan belajar tatap muka, terutama untuk masalah prokesnya, dalam waktu dekat kami akan berkunjung ke sekokah-sekolah untuk memastikan berjalannya prokes atau tidak,” ujar Kapolsek.

“Jika ditemukan melanggar prokes kami akan berikan teguran kepada pihak sekolah agar menerapkan dan melengkapi alat prokes, namun jika masih tidak di-indahkan juga, baru kita akan laporkan kepada gugus tugas kabupaten Bengkalis untuk tindakan selanjutnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Rupat, kepala Puskesmas, serta Danramil.

Penulis: Johanes Mangunsong