Nasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau- Presiden RI, Joko Widodo meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai (Permai), Riau, Jumat, 25 September.

Peresmian dilakukan secara virtual dari Istana Negara mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Acara peresmian dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai. Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mewakili pemerintah hadir langsung di lokasi proyek. Presiden dan jajaran lainnya mengikuti dari istana.

“Tol ini sudah dapat beroperasi penuh. Jalan ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Dumai sebagai kota industri perminyakan dan agribisnis yang maju,” ujar Presiden Jokowi lewat video conference, Jumat (25/9/2020).

Tol Permai memiliki panjang 131,5 kilometer dan menelan biaya pembangunan sebesar Rp12,18 triliun. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung-Aceh.

Infrastruktur ini dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera, dalam enam seksi yang melintasi empat kabupaten dan kota di Riau. Tol ini punya keunikan karena untuk pertama kalinya menggunakan terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera, di sejumlah wilayah jelajah hewan endemik yang terancam punah itu.

Untuk diketahui, Masyarakat bisa melalui Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau, tanpa harus membayar alias gratis mulai Sabtu (26/9/2020) pukul 06.00 WIB.

“Pascaperesmian hari ini oleh Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan beroperasi mulai besok, Sabtu pukul 06.00 WIB secara gratis atau belum berbayar,” kata EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan usai peresmian Tol Pekanbaru-Dumai dikutip dari Antara, Jumat (25/9/2020).

Hutama selaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera masih menunggu penetapan tarif jalan tol sepanjang 131,5 kilometer itu dari Menteri PUPR.

“Belum berbayar atau gratis hingga diterbitkannya surat keputusan penentuan tarif tol oleh Menteri PUPR,” katanya.

Namun, ia mengatakan bagi pengguna jalan tol yang akan melintas tetap harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini. Fungsi kartu tersebut untuk membuka gerbang di gerbang masuk dan keluar jalan tol itu.

Sumber: Tempo, Antara, Liputan6