Ekonomi Gas 3 Kg Kembali Langka

Gas 3 Kg Kembali Langka

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Saat menjelang hari raya idul adha kemaren hingga hari ini warga Dumai kesulitan untuk mendapatkan gas elpiji bersubsidi 3 kg.

Iwan warga Pangkalan Sesai mengaku sudah keliling di kedai pengecer maupun di agen yang ada di Pangkalan Sesai hasilnya nihil, tidak ditemukan gas bersubsidi 3 kg. “Sudah keliling kesana kemari, namun gas elpiji 3 kg tidak ada yang jual,” ujarnya.

Pantauan tribunriau di lapangan, agen gas dan pengecer di Pangkalan Sesai tidak memiliki stok gas 3 kg. Bu Nur, pengecer di jalan nelayan darat mengaku gas telah kosong sejak sepekan ini.

“Kabarnya gas subsidi 3 kg tidak ada lagi, dan akan beredar gas non subsidi tabung 5 kg warna merah. Itu kabar  yang saya dapat,” ujar Bu Nur.

Jika benar subsidi gas 3 kg ini dicabut tentu sangat menyulitkan masyarakat Dumai, pasalnya peralihan gas elpiji ini belum begitu lama berjalan. Dahulu masyarakat memakai minyak tanah bersubsidi dan subsidi minyak tanah dicabut, diganti dengan subsidi gas elpiji 3 kg.

Apakah mungkin program konversi gas elpiji yang baru berjalan beberapa tahun, dan masyarakat baru mulai terbiasa dengan pemakaian gas elpiji ini juga akan dicabut subsidinya, jelas masyarakat akan kembali memerlukan biaya lebih untuk urusan bahan bakar rumah tangga. Beban masyarakat akan bertambah dalam ekonomi yang makin sulit.(Tn)