Even Wisata Balimau Kasai Batu Belah Tahun Ini Akan Lebih Meriah

0

Bangkinang Kota, Tribunriau- Bulan Puasa Ramadhan tahun 2020 tinggal dua bulan lagi, budaya sebahagian masyarakat Kampar sebelum melaksanakan ibadah puasa, pada sore harinya melakukan balimau kasai untuk membersihkan diri.

Bagi sebahagian masyarakat Kampar, ini sudah merupakan tradisi dari dulunya melaksanakan balimau kasai ditempat tempat yang telah biasa ramai di kunjungi oleh masyarakat Kampar, bahkan masyarakat Kota Pekan Barupun tumpah ruah mengunjungi tempat acara balimau kasai di Kampar.

Apalagi masyarakat Kampar yang tinggal di Kota Pekan Baru, acara balimau kasai di Kampar boleh dikatakan harus mereka kunjungi sambil pulang kampung menjenguk sanak keluarga sambil bermaaf maafan menjelang masuk bulan Ramdhan.

Banyak tempat acara balimau kasai di sepanjang sungai Kampar yang dibuat oleh masyarakat Kampar, namun Desa Batu Belah setiap tahunnya yang paling ramai dikunjungi masyarakat, karena acara balimau kasai di sini sering dihadiri oleh Kepala Daerah, bahkan sampai Gubernur Riau.

Tahun ini, informasi yang dikutip Tribunriau.com dari ketua panitia yang telah dibentuk Firdaus (Ipir) Senin (17/2/2020) di salah satu Cafe di Kota Bangkinang menyampaikan acara tahun ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Kita akan buat acara even Wisata Balimau Kasai di Batu Belah tahun ini, merupakan Even Wisata Budaya dan Religius dan acara ini lebih besar dan lebih meriah dari tahun tabun sebelumnya,” jelas Fiedaus.

“Berbagai rangkaian kegiatan acara sudah kita siapkan lanjut ipir, seperti lomba sampan hias akan mencapai 30 buah dengan hadiah yang begitu menarik, lomba basiacuang, lomba Tahfiz Alqur’an tingkat Sekolah Dasar sampai dengan tingkat sekolah Menengah,” tambahnya.

“Trus lomba memasak masakan tradisional Kampar, dan sepeda hias anak anak, banyak lagi acara yang sudah disiapkan panitia, rencana yang sudah diputuskan panitia acara ini akan berlangsung selama satu minggu,” Kata Firdaus.

“Pada cara puncaknya tanggal 23/4/2020 nanti akan dihadiri pejabat dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Gebernur Riau, dan Arsyad Yuliandi Rahman, anggota DPR RI dari Fraki Golkar Dapil Riau 1 dan pejabat lainnya di Provinsi Riau yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu,” jelasnya.

Yang jelas, lanjut Firdaus, Even Wisata Balimau Kasai Batu Belah, merupakan agenda tahunan, tahun ini sudah mendapat dukungan penuh dari Bupati Kampar.

“Dalam waktu dekat ini kami panitia akan melaksanakan rapat koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kampar,” pungkasnya. (shm)