Nasional Dengar Curhatan Supir Truck Kontainer, Ini Instruksi Jokowi ke Kapolri

Dengar Curhatan Supir Truck Kontainer, Ini Instruksi Jokowi ke Kapolri

BERBAGI

Tribunriau- Sesaat setelah mendengar curhatan para supir truck kontainer, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) langsung menginstruksikan Kapolri agar masalah yang dihadapi supir truck bisa terselesaikan.

Curhatan supir truck itu didengar langsung oleh Jokowi saat berada di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, beberapa waktu yang lalu.

Demikian postingan akun FB milik orang nomor satu di Indonesia tersebut dengan nama akun Presiden Joko Widodo.

“Mendengar keluhan itu, masih di hadapan mereka, saya menelpon Kapolri. Ini tidak bisa dibiarkan. Seharusnya para sopir kontainer merasa nyaman saat bekerja, apalagi dalam situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Saya memerintahkan Kapolri agar menyelesaikan masalah ini di lapangan, dan prosesnya akan saya pantau,” tulis akun FB Presiden Joko Widodo.

Curhatan para supir truk kontainer tersebut terkait dengan pungli di depo-depo kontainer, para supir merasa sangat dirugikan, ditambah dengan aksi premanisme yang mengancam nyawa mereka.

Berikut selengkapnya postingan akun FB Presiden Joko Widodo:

Di salah satu sudut kawasan pelabuhan di Tanjung Priok siang tadi, saya bertemu dan berbincang dengan para pengemudi truk kontainer. Saya menanyakan langsung kabar-kabar yang saya baca di media sosial bahwa para pengemudi truk kerap menjadi korban tindakan premanisme dan pungutan liar di depo-depo kontainer saat mereka sedang bekerja.

Dan ternyata benar. Mereka kerap menjadi sasaran tindakan premanisme. “Begitu keadaan macet, ada ada yang dinaiki mobilnya, bawa celurit atau nodong begitu. Enggak ada yang berani menolong, Pak. Padahal itu depan, belakang, samping, kanan itu kan kendaraan semua,” ungkap seorang pengemudi truk.

Cerita lain datang dari pengemudi truk lainnya. Mereka mengeluhkan banyaknya pungli di sejumlah depo kontainer.

Mendengar keluhan itu, masih di hadapan mereka, saya menelpon Kapolri. Ini tidak bisa dibiarkan. Seharusnya para sopir kontainer merasa nyaman saat bekerja, apalagi dalam situasi sulit akibat pandemi Covid-19. Saya memerintahkan Kapolri agar menyelesaikan masalah ini di lapangan, dan prosesnya akan saya pantau.

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1825200767668764&id=390581294464059

Penulis: Iskandar Zulkarnain