BPKP Riau Laksanakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 Kab Bengkalis

0

Bengkalis (Mandau), Tribunriau – Sebagai upaya mempercepat akselerasi pelaksanaan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang lebih tertib, efektif, efesien, ekonomis, transparan, partisipatif dan akuntabel, BPKP Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengadakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kabupaten Bengkalis, bertempat di Gedung Batin Betuah Kantor Camat Mandau, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Riau tersebut, merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah agar aparatur desa memiliki kecakapan, integritas, kapasitas dan kapabilitasnya dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan.

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, yang dalam arahannya Bupati Bengkalis menyampaikan, bahwa saat ini Pemerintah Desa bisa bangga karena telah mendapatkan dukungan penganggaran maupun pembangunan dari Pemerintah. 

“Kami berharap kepada Pemerintah Desa harus senantiasa menerapkan prinsip akuntabilitas dan integritas dalam tata pemerintahannya, agar anggaran yang ada di desa benar benar terarah, tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan, semoga peran dan anggaran yang diterima desa, bukan berarti desa dapat mempergunakanannya semena-mena, karena ada regulasi yang mengaturnya”, kata Kasmarni.

Dalam kesempatan ini, Bupati Kasmarni juga meminta kepada Pemerintah Desa agar memahami serta mentaati regulasi yang ada, untuk terus membangun komunikasi, dan koordinasi dalam pengawasan maupun pembinaan pengelolaan keuangan desa, dengan berpedoman dengan Permendagri 73 Tahun 2020.

Setelah kegiatan workshop selesai dibuka, Bupati Bengkalis Kasmarni, juga melaksanakan serah terima dan tepuk tepung tawar, sebuah mobil pemadam kebakaran yang diserahkan kepada UPT Damkar Kecamatan Mandau.

Hadir pada kegiatan tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Gazali, Kakanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan Ismed Saputra, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis, Camat se-Kabupaten Bengkalis, dan Kepala Desa se-Kabupaten Bengkalis.(jlr).