Tingkatkan Mutu Sekolah, SMKN 5 Batam Gelar Seminar Teaching Factory

0
Seminar SMKN 5 Batam tentang teaching factory
Seminar SMKN 5 Batam tentang teaching factory

BATAM, Tribun Riau- Demi meningkatkan mutu sekolah, SMK Negeri 5 Batam menggelar Seminar Teaching Factory khusus bagi guru-guru yang mengajar di SMKN 5, sebanyak 80 guru ikut andil dalam seminar yang digelar di Fame Hotel pada tanggal 3 hingga 4 November 2018 lalu itu.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut dari SMK 2 Adiwerna Kabupaten Tegal, Drs. AR Hartono MM Pd, dan Sri Prihatino, S.Pd sebagai team pengembang Teaching Factory SMKN 2 Adiwerna.

Waka Kurikulum SMKN 5 Batam, Fitri Reni kepada Tribunriau.com mengatakan, pelatihan tersebut adalah pelajaran berbasis produk, dalam artian bagaimana sekolah dapat menghasilkan produk sendiri.

“Artinya, kita dapat menghasilkan produk sendiri, kita mengadakan pembelajaran produksi, kita sudah belajar teori, sekarang kita akan coba melakukan praktek khususnya di bengkel, bidang Perkapalan, di grafika, TITL (tenaga instalasi listrik), Multimedia, semua ini adalah upaya pelayanan bersifat jasa, yang dapat menghasilkan profit, sehingga para siswa mempunyai jiwa kreasi dapat menciptakan produk sendiri,” jelasnya.

Ditambahkan Fitri, kita dapat melihat contoh SMK 2 Adiwerna Tegal, mereka sudah dapat membuat dan memproduksi di bidang menjahit WEER PAK, mereka tak perlu memebeli lagi seragam sekolah kepada pengusaha lain, bahkan mereka sudah mendapat orderan jahitan dari pihak pengusaha, serta tingkat mutu, perbengkelan mereka juga sangat baik, produknya, job shipnya pun baik, baik dan terarah, serta terfokus, jadi guru-gurupun enak mengajarnya.

Dengan seminar ini, lanjut Fitri, kita sudah dapat melihat dan mendengarkan, bahkan sebelum seminr ini kita sudah pernah mengirim 2 guru kita juga untuk study banding ke SMKN 2 Adiwerna Tegal, dan untuk memantapkan program TEFA ini, kita undang mereka kembali mengadakan seminar ini, hampir semua guru-guru produktif dan guru umum sudah memahami. Guru- guru juga merespon dengan baik, kita harapkan dapat mengadopsi kelebihan dan keberhasilan sekolah mereka, mungkin semester berikutnya kita akan menerapkan sistim pembelajaran TEFA ini di SMK 5.

“Dengan sistim yang ada sekarang, SMKN 5 sudah bekerjasama dengan dunia industri yang ada di Batam melalui Program magang guru dan siswa ke Dunia industri, dan terbukti siswa kita sudah Banyak bekerja di berbagai perusahaan di Batam, dan mendapat order untuk bekerja di Perusahaan industri di Batam, ini berkat dorongan kepala Sekolah kita Agus Sahril yang selalu memotivasi para guru-guru tenaga pengajar agar selalu berkreasi,” pungkasnya. (pilian)