Lingkungan Tempat Wisata Alam di Rohil yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Rohil yang Menarik Dikunjungi

47
BERBAGI
Pulau Jemur di Rokan Hilir
Pulau Jemur di Rokan Hilir

ROHIL,Tribunrau- Rokan Hilir (Rohil) terdiri dari gugusan pulau-pulau indah dan memiliki bermacam pesona budaya dan keindahan alam yang layak dikunjungi untuk dijadikan salah satu tujuan wisata di pulau sumatera Tempat Wisata indonesia. Berikut tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi jika anda ke Rokan Hilir.

1. Pulau Jemur

Pulau jemur adalah sebuah pulau milik Indonesia yang terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia.

Pulau ini berada dalam wilayah Kecamatan Pasir Lima Kapas (Palika) kabupaten Rohil, Provinsi Riau.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama Alam seperti pantai berpasir putih, ada pepohonan dan sebagai habitat penyu hijau dan perairan di sekitarnya tekenal sebagai Daerah penghasil ikan.

Untuk mempermudah kunjungan ke pulau itu, ada jembatan apung, jadi tidak lagi mengandalkan pasang surut.

Bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Jemur, bisa mengunakan Fery cepat dengan waktu selama 2 jam dari Bagansiapiapi. Sedangkan harga tiket perorang senilai Rp.350.000 untuk rute pulang-pergi (PP).

2. Pulau Tilan

Pulau Tilan
Pulau Tilan

Pulau Tilan berada di tengah Sungai Rokan, kabupaten Rohil yang terjaga keasrianya. Pulau tersebut terletak sekira 21 KM dari Ujung Tanjung, kecamatan Tanah Putih ke arah Desa Rantau Bais, sedangkan dari simpang jalan Desa Rantau Bais di Jalan Raya Lintas Timur Sumatera Pekanbaru- Medan masuk sampai ke Pulau Tilan hanya berjarak sekira 6 KM.

Luas Pulau Tilan sekira 500 Hektar, berbagai pohon yang besar tumbuh dan juga terdapat rumput hijau yang alami, yang bisa membuat pemandangan begitu indah dan pengunjung terasa nyaman saat berada di pulau itu.

Berbagai fasilitas penunjang untuk wisatawan adalah tersedianya perahu penyeberangan, perahu memancing, gazebo, taman bermain, voly pantai, dermaga serta lapangan motor cross.

3. Danau Napangga

Danau Napangga
Danau Napangga

Danau Napangga memiliki pesona Alam yang indah, air danau yang begitu tenang sangat cocok untuk berenang.

Lokasi Danau Napangga sekitar 70 KM dari Ujung Tanjung, kecamatan Tanah Putih kabupaten Rokan Hilir. Tepatnya di Hulu Sungai Batang Kumuh Desa Tanjung Medan berbatasan dengan kabupaten Rokan Hulu dan provinsi Sumatera Utara.

Menurut sejarah, danau ini memiliki keunikan tersendiri, tempat persinggahan dan peristirahatan raja dan permaisuri pada zaman dahulu.
Sebagai danau yang alami, terdapat sumber ikan arwana di danau ini. (ADV/HUMAS)