Ekonomi Rokan Hilir Termasuk Penyuplai Produksi Padi di Riau

Rokan Hilir Termasuk Penyuplai Produksi Padi di Riau

20
BERBAGI
Panen Raya di Desa Pematang Singkek Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rohil
Panen Raya di Desa Pematang Singkek Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rohil

ROHIL,Tribunriau – Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) termasuk salah satu daerah penyuplai produksi padi di provinsi Riau. Luas lahan sawah di kabupaten Rohil pada Tahun 2017 mencapai 14.674 Ha dan sebanyak 1881 Ha berada di kecamatan Rimba Melintang.

Bupati Rohil bersama Plt Gubernur Riau
Bupati Rohil bersama Plt Gubernur Riau

Produksi padi mencapai 6.995 Ton dengan provitas rata-rata 4.52 Ton/Ha. Lahan sawah yang dipanen di Pematang Sikek, kecamatan Rimba Melintang pada September 2018 seluas 304 Ha yang ditanami varietas ciherang.

“Pemerintah Daerah cukup apresiasif dalam menjaga serta melestarikan persawahan, serta keberhasilan para petani dalam menanam padi hingga panen. Masyarakat diminta untuk tidak mengalih fungsikan lahan persawahan yang sudah ada, karena hasil padi sanggatlah menjanjikan,” kata Plt Gubernur Riau pada saat panen raya di Pematang Singkek.

Selain itu, Danrem Sony Aprianto berharap Rohil dapat menunggah kembali gairah bertani untuk daerah dan masyarakat lainnya.

“Rokan Hilir merupakan salah satu penyuplai padi di wilayah provinsi Riau yang harus dipertahankan guna meningkatkan swasembada pangan di daerah. Untuk itu melalui panen Raya padi seluas 304 hektar ini, diharapkan dapat memenuhii kebutuhan sembako di provinsi Riau, khususunya Rokan Hilir, serta dapat mengunggah kembali gairah bertani masyarakat,” ujar Sony Aprianto.

Dilanjutkannya, pertanian merupakan salah satu sektor penting penompang perekonomian nasional, terlebih dalam mengatasi dampak krisis ekonomi yang sampai kini belum sepenuhnya pulih, Ia berharap tidak ada lagi impor, karena Indonesia merupakan negara penghasil padi besar.

Masyarakat Gunakan lahan Pemda Rohil untuk Pertanian

Lahan perkantoran milik pemda Rohil di Batu Enam Bagansiapiapi digunakan masyarakat untuk tanam padi
Lahan perkantoran milik pemda Rohil di Batu Enam Bagansiapiapi digunakan masyarakat untuk tanam padi

Pemerintah kabupaten Rokan Hiir memberikan izin kepada masyarakat untuk bertani di lahan perkantoran di Batu Enam, Bagansiapapi.

Di lahan perkantoran Batu Enam sangat subur untuk menanam padi, masyarakat menanam padi dalam satu tahun dua kali panen.

Pemerintah daerah memberikan dukungan kepada masyarakat untuk membuka lahan baru di kantor Batu Enam untuk ditanami padi, asalkan membuka lahan tidak dengan cara membakar.

“Ini prestasi yang sangat luar biasa dari petani kita dalam upaya meningkatkan kesejahteraanya dan juga untuk mendongkrak peningkatan produktivitas padi di Rokan Hilir,” kata Bupati. (ADV/HUMAS)