PT IBP Diduga Buang Limbah Cair ke Laut Dumai

0

DUMAI, Tribunriau- PT Inti Benua Perkasatama (IBP) diduga membuang limbah cair melalui pipa ‘siluman’ ke perairan Dumai.

Hal ini diketahui setelah pihak redaksi TribunRiau.com mendapatkan kiriman video dari warga yang tidak ingin identitiasnya disebutkan. Dalam video tersebut, tampak pipa ‘siluman’ menyemburkan cairan hitam yang diduga limbah berbahaya dari PT IBP ke perairan Dumai.

Dalam keterangannya, cairan hitam yang diduga limbah tersebut hampir tiap hari dibuang ke laut Dumai melalui pipa ‘siluman’ tersebut. Namun hingga dirinya mengabadikan aksi yang diduga pencemaran lingkungan tersebut, belum ada pihak terkait yang ingin mengkroscek permasalahan pengolahan limbah di perusahaan tersebut.

“Hampir tiap hari terjadi (limbah yang dibuang ke laut), namun kali ini ada kesempatan untuk merekam aksi pencemaran lingkungan itu,” ujarnya dalam keterangan yang dikirimkan bersamaan video tersebut.

Dijelaskannya, sebelum perusahaan PT IBP berdiri, banyak tanaman bakau yang subur di area tersebut, namun setelah PT IBP beroperasi, tanaman bakau terlihat berkurang dan banyak yang mati akibat limbah yang mencemari air laut di wilayah tersebut.

“Dulu banyak bakau disana (area pipa yang mengeluarkan cairan hitam), sekarang sudah berkurang karena mati akibat limbah,” jelasnya.

Humas PT IBP, Yunus ketika dikonfirmasi via Whatsapp malah balik bertanya ketika ditanyakan terkait pipa siluman yang berada di belakang perusahaan tersebut.

“Pipa siluman apa bozz?,” balasnya kepada TribunRiau.com beberapa hari yang lalu

Hingga saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak PT IBP terkait pipa ‘siluman’ tersebut. (isk)

Berikut video yang didapatkan redaksi Tribunriau.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini