Hukrim Terkait Mobdin Bawa Narkoba, Niat Baik Plt Kadisnakertrans Dumai Disalahgunakan

Terkait Mobdin Bawa Narkoba, Niat Baik Plt Kadisnakertrans Dumai Disalahgunakan

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Niat baik Plt Kepala Disnakertrans Kota Dumai H Suwandy SH M.Hum meminjamkan mobil dinas (Mobdin) kepada supirnya ternyata berbuntut panjang. Pasalnya mobil tersebut disalahgunakan sang supir untuk membawa Narkoba.

Buktinya, mobdin Pemko Dumai BM 1600 R yang sehari-hari digunakan sebagai kenderaan operasional telah tertangkap membawa Narkoba di Duri Kecamatan Mandau, Senin (12/02/2018) kemarin.

Kejadian berawal ketika sang supir Sofian Efendy (38) meminjam mobil dinas dengan dalih membawa mertuanya berobat. Ternyata setelah diberikan, hingga Senin sore belum mengembalikan. Ditelepon juga tidak tersambung.

Ternyata Selasa (13/3/18) pagi, kata Suwandy, dia mendapat kabar dari wartawan bahwa mobil tersebut tertangkap membawa Narkoba.

“Saya dapat informasi dari kawan wartawan saat menghadiri acara di Pendopo katanya mobil dinas berikut supir telah tertangkap bawa Narkoba. Saya langsung syok dan pulang ke kantor ini,” kata Suwandy kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (14/3/18) kemarin.

Menurut Suwandy, mengingat mobil tersebut sehari-hari digunakan untuk kenderaan operasional, pihaknya berupaya agar agar dapat pinjam pakai. ”Kami upayakan bisa pinjam pakai. Ini surat permohonan pinjam pakai sudah dibuat ke Polres Bengkalis,” jelas Suwandy.

Suwandi juga mengaku sangat menyesali adanya kejadian tersebut. Karena sang supir menyalahgunakan kepercayaan dan amanah dengan membawa Narkoba.

“Marwah saya ikut tercoreng karena masyarakat tahunya mobil dinas tersebut saya yang menggunakannya,” tuturnya sembari mengaku bahwa Sofian Efendy menjadi supirnya sejak Januari 2018. “Saya kasihan lihat dia tak ada kerja, anaknya ada empat isteri satu. Salah satu anaknya cacat pula. Tapi ternyata bantuan yang awak berikan disalahgunakan. Biarlah dia tanggungjawabi perbuatannya dimata hukum,” tukas Suwandy.

Sementara itu, Walikota Drs H Zulkifli AS MSi sangat menyayangkan adanya oknum pegawai Honorer di lingkup Pemko Dumai yang menyalahgunakan mobil dinas. Apalagi untuk kegiatan melawan hukum.

Hal tersebut disampaikan Walikota Dumai melalui Plt Kepala Bagian Humas Setdako Dumai Riski Kurniawan Tri Sahputra ST, M.IP kepada awak media di Dumai Rabu (14/3/18).

“Walikota sangat menyayangkan oknum pegawai Honorer dilingkup Pemko Dumai yang menyalahgunakan mobil dinas apalagi untuk kegiatan melawan hukum,” ujar Riski Kurniawan. (KRN.07)