Ketua DPRD Rohil Maston Hadiri Pembukaan Kegiatan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024

0

ROHIL, Tribunriau – Ketua DPRD Rohil Maston menghadiri pembukaan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) yang diselenggarakan oleh Kemenpora. Pembukaan secara simbolis ditandai dengan penekanan sirine dan pelepasan burung merpati serta atraksi Drum Band dari SDN 006, Rabu (19/6/2024).

Dalam pembukaan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong yang diserahkan oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Komjen Pol (Purn) Drs Rudy Sufahriadi.

Tarkam yang diagendakan berlangsung dari tanggal 19 sampai 21 Juni 2024 tersebut, akan mempertandingkan 4 Cabang olah raga, yaitu Bola Volly, Badminton, senam, dan Atletik dan Fun Run sejauh 5 Km.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Komjen Pol. Purn. Drs. Rudy Sufahriadi, yang telah hadir dan mengadakan kegiatan penting ini di Kabupaten Rokan Hilir. Bupati menegaskan bahwa pemenang dari kejuaraan ini akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di Jakarta.

” Bawa nama baik daerah ke tingkat nasional,” pintanya.

Bupati menyebutkan bahwa kejuaraan Tarkam kali ini mencakup berbagai cabang olahraga seperti voli, bulu tangkis, dan senam. “Ini adalah suatu kebanggaan bagi masyarakat Rokan Hilir. Mari kita bersama-sama menyambut Tarkam ini dan event Bakar Tongkang yang akan datang,” ujar Bupati dihadapan para tamu undangan yang memadati depan Mess Pemda jalan Perwira pada hari Rabu (19/6/2024) di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati sempat membandingkan luas wilayah Rokan Hilir yang mencapai 9.000 km² dengan Jakarta yang hanya 800 km². “Rokan Hilir memiliki potensi besar untuk berkembang dalam berbagai bidang, termasuk olahraga,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mendoakan agar Deputi Rudy Sufahriadi sukses dalam karirnya dalam menghadapi Pilkada mendatang. Sebagai tuan rumah, dirinya memohon maaf jika ada kekurangan dalam layanan selama rombongan berada di Rokan Hilir.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Komjen Pol (Purn) Drs Rudy Sufahriadi dalam sambutannya menjelaskan program Tarkam tersebut digelar di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Alasan memilih Rokan Hilir sebagai lokasi kejuaraan karena sekaligus ingin menyaksikan langsung keunikan Bakar Tongkang.

“Sudah puluhan tahun saya mendengar tentang tradisi ini, dan alhamdulillah, Allah mengabulkan niat saya,” ungkapnya. Rudy berjanji akan melaporkan semua perkembangan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga serta Bupati Rokan Hilir yang juga merupakan sahabatnya.

Dalam pelaksanaan kejuaraan Tarkam di Rokan Hilir kali ini, karena waktu terbatas hanya mengikutsertakan peserta dari beberapa kecamatan yakni Kecamatan Bangko, kecamatan Sinaboi, Kecamatan Pekaitan, Kecamatan Batu Hampar, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Kubu.

jumlah Peserta yang telah terdaftar adalah bola Volly sebanyak 10 Regu atau 60 Orang, Badminton (Beregu) 8 Peserta atau 48 Orang, Senam 5 Peserta atau 30 Orang dan Fun Run sebanyak 1000 Orang dengan total peserta sebanyak 1150 Orang.

Menurut Deputi, Rokan Hilir sebagai satu dari 100 Kabupaten yang mendapat bantuan kegiatan Tarkam dengan harapan para Generasi Muda Pencinta dan Penggiat Olahraga sangat mengharapkan kiranya kegiatan ini dapat berlanjut untuk tahun-tahun mendatang. (Hen)