Lingkungan Longsor di Bukit Mentawai, Akses ke 4 Desa di Rokan IV Koto...

Longsor di Bukit Mentawai, Akses ke 4 Desa di Rokan IV Koto Terganggu

17
BERBAGI
Longsor di Bukit Mentawai, akses jalan keempat desa di Kecamatan Rokan IV Koto
Longsor di Bukit Mentawai, akses jalan keempat desa di Kecamatan Rokan IV Koto

ROKAN HULU, Tribun Riau- Saat ini, akses ‎lintas menuju ke empat desa di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terganggu, akibat tertutup material longsor dari Bukit Mentawai.

Diakui Camat Rokan IV Koto, Drs.M.Abrar memperkirakan, Bukit Mentawai longsor pada Senin (10/12/2018) malam, karena hingga Senin sore kemarin akses ke empat desa masih lancar.

Kini material longsor kata Abrar, telah menutup akses jalan lintas dari Kelurahan Rokan atau Desa Koto Ruang ke empat desa‎, yakni Desa Cipang Kiri Hulu, Desa Cipang Kiri Hilir, Desa Tibawan, dan Desa Cipang Kanan.

Abrar mengakui, sementara waktu akses lintas ke empat desa persisnya di Bukit Mentawai belum bisa dilewati mobil. Sementara untuk sepeda motor masih bisa lewat di sudut jalan yang dibersihkan masyarakat.

Kemudian secara umum jelas Abrar, sejauh ini longsor yang terjadi belum mengganggu perekonomian masyarakat di empat desa yang ada di Kecamatan Rokan IV Koto, karena sudah bisa dilalui sepeda motor.

Walaupun demikian, material longsor di Bukit Mentawai cukup mengganggu aktivitas masyarakat yang keluar ke ibukota Kecamatan Rokan IV Koto.

Kemudian selain longsor di Bukit Mentawai tambah Abrar, ada dua titik lagi yang mengalami longsor, yakni di Bukti Kelok “S” dan dekat Bukit Cinta. Tapi karena kedua titik longsor tersebut sudah bisa dilalui mobil dan sepeda motor, setelah masyarakat melakukan gotong royong bersama, membersihkan material longsor.

Sedangkan diakui Kepala BPBD Rohul Suparno S.Hut, pihaknya sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat atau TRC untuk melakukan pembersihan material longsor di Bukit Mentawai bersama TNI, Polri dan masyarakat.

Diakui Suparno, pembersihan material longsor‎ di Bukit Mentawai membutuhkan alat berat, sebab bukan hanya material tanah, namun banyak juga pohon yang menutup akses jalan.

Kemudian di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rohul Anton ST, MT mengatakan, juga sudah menurunkan sebuah backhoe loader loader ke lokasi, untuk membersihkan material longsor di Bukit Mentawai.

“Personil kita sudah meluncur kesana, hanya sebuah backhoe loader saja yang diturunkan,” kata Anton. (Mad)