Unik Ilmuwan Kembangkan Ponsel Tanpa Baterai

Ilmuwan Kembangkan Ponsel Tanpa Baterai

BERBAGI

JAKARTA, Tribunriau – Berbeda dari kebiasaan para vendor yang menambahkan kapasitas baterai, ilmuwan di University of Washington berusaha menciptakan ponsel tanpa baterai.

Saat ini daya tahan pemakaian sebuah ponsel bergantung pada kapasitas baterai. Oleh karena itu vendor ponsel pun berlomba untuk menghadirkan kapasitas yang jumbo agar perangkat tersebut dapat bertahan lama.

Mengutip halaman Mashable, Minggu (9/7/2017) untuk menggantikan peran baterai, mereka menggunakan listrik yang bersumber dari sinyal radio dan cahaya. Ponsel itu pun dapat menyala hanya dengan asupan listrik sebesar 3,5 microwatts.

Ponsel yang saat ini masih dalam bentuk prototipe itu memiliki beberapa bagian seperti tombol capactive, papan sirkuit, dan komponen penunjang lainnya. Namun menariknya mereka bisa menyesuaikan asupan daya yang digunakan di ponsel tersebut.

Dengan tenaga listrik yang dimilikinya, ponsel itu diklaim telah sukses diuji coba dengan menggunakan layanan panggilan Skype. Namun para peneliti mengaku mereka akan mengembangkan agar ponsel tersebut dapat melalukan streaming video.

“Anda bisa membayangkan di masa depan bahwa semua menara baterai atau router Wi-Fi bisa hadir dengan teknologi base station kami yang tertanam di dalamnya,” kata Vamsi Tall, seorang ilmuwan yang menuliskan penelitian tersebut.

“Dan jika setiap rumah memiliki router Wi-Fi di dalamnya, Anda bisa mendapatkan cakupan ponsel tanpa baterai di mana-mana,” ujarnya.(OZ/tn)