Pendidikan Riau Tuan Rumah Pekan Seni Media 2017

Riau Tuan Rumah Pekan Seni Media 2017

3
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau  – Riau menjadi tuan rumah Pekan Seni Media berbasis digital (IT) yang diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 14 Juli. Sebanyak 28 seniman berpartisipasi dalam dalam acara ini.

Acara bertajuk “Arus Balik Dimensi Teknologi Dalam Seni” ini bertujuan untuk melihat kembali sekaligus memaparkan pemetaan mengenai sejarah dan perkembangan seni media di Indonesia. Seniman yang berpartisipasi dianggap mewakili era-era tertentu, dan relatif masih sangat muda.

“Semua yang berpartisipasi adalah tokoh-tokoh penting dalam seni media. Ini adalah acara seni media terbesar di Indonesia,” kata Kurator Pameran Seni Media Indonesia, Hafiz Rancajale, di Pekanbaru, Minggu (9/7).

Pekan Seni Media ini terbuka untuk umum dan gratis. Jenis-jenis karya yang terdapat di dalamnya antara lain seni video, multimedia, seni fotografi, seni komik, film eksperimental, seni bebunyian, seni kinetik, dan seni pertunjukan.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein mengungkapkan iven nasional ini diselenggarakan di empat lokasi di Pekanbaru, yaitu  di Gedung Teater Idrus Tintin, Gedung Dewan Kesenian Riau (DKR), SMK Labor dan Taman Budaya.

“Kegiatan ini programnya Kementerian Kebudayaan. Ini yang pertama kalinya digelar dan tuan rumahnya Provinsi Riau,” ungkap Yoserizal Zein, Senin kemaren.

“Kita berharap pameran ini lebih digandrungi oleh para kawula muda seperti siswa SMP dan SMA. Karena pameran seni yang ditampilkan sangat coocok dengan para generasi muda yang hobi IT,” ujarnya lagi.

Yose menambahkan, dipilihnya Riau sebagai tuan rumah oleh Kementerian, karena melihat banyak pekerja seni berbasis digital dan IT yang berkembang pesat di Riau. Atas dasar itu, para kuratorpun sepakat mẹnunjuk Bumi Lancang Kuning ini. (UR/tn)