Ceramah Agama Dalam Rangka Pertemuan Rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau

0

PEKANBARU, Tribunriau – Dalam rangka Pertemuan Rutin, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau di Aula HM. Prasetyo Gedung Satya Adhi Wicaksana Kejaksaan Tinggi Riau mengadakan kegiatan Religius Ceramah Agama.

Pada Kesempatan ini, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau mengundang Penceramah Ustad Rido Rinaldi Abdurrahman, S. HI., MH dengan tema “Pusaka Keluarga Sakinah”.

Demikian disampaikan oleh Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto SH., MH., Rabu ( 11/10/2023).

Dijelaskan Bambang, adapun tujuan Pertemuan Rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau yaitu untuk melancarkan proses perkembangan sebuah organisasi maka komunikasi yang efektif penting untuk dilakukan.

Hal ini diaplikasikan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau, adapun agenda dalam pertemuan ini, yakni arisan IAD dan Ceramah Agama.

Dalam ceramahnya, Ustad Rido Rinaldi Abdurrahman, S. HI., MH menyampaikan sakinah adalah adanya ketentraman dalam hati pada saat datangnya sesuatu yang tidak terduga. Maksud dari keluarga Sakinah adalah keluarga yang tenang, tentram, penuh kebahagiaan, dan sejahtera baik secara lahir atau batin, serta tidak gentar ketika menghadapi ujian yang ada dalam rumah tangga.

Kemudian kata Kasi Penkum Kejati Riau, Selanjutnya Ustad Rido Rinaldi Abdurrahman, S. HI., MH menyampaikan bahwa tujuan membangun rumah tangga adalah bagaimana membina rumah tangga yang damai dan harmonis tanpa adanya paksaan.

Hal ini bisa ditiru dari bagaimana Rasulullah SAW membangun rumah tangga yang harmonis, beliau memberikan contoh yang baik dalam keluarganya. Untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, perlu adanya ikhtiar, konsisten, dan adanya kesinambungan antara suami dan istri.

Diakhir Ustad Rido Rinaldi Abdurrahman, S. HI., MH menyampaikan tujuan dari keluarga sakinah, adalah diharapkan agar setiap anggota dapat merasakan tentram, damai, bahagia, dan juga sejahtera lahir dan batin.

Sejahtera yang dimaksud adalah terbebas dari kemiskinan harta ataupun tekanan jasmani. Adapun sejahtera batin maksudnya adalah terbebas dari kemiskinan iman serta mampu mengimplementasikan nilai kehidupan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Senada itu lanjut Kasi Penkum Kejati Riau, harapan Ketua IAD Wilayah Riau Ny. Anik Supardi dengan dilaksanakan Ceramah Agama dalam rangka Pertemuan Rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau mengharapkan kepada seluruh Pengurus dan Anggota IAD Wilayah Riau dapat mengimplementasikan keluarga sakinah di dalam kehidupan berumah tangga guna mencapai kehidupan yang tentram, damai, bahagia, dan juga sejahtera lahir dan batin.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua IAD Wilayah Riau Ny. Anik Supardi beserta seluruh Pengurus dan Anggota IAD Wilayah Riau.

Ceramah Agama dalam rangka Pertemuan Rutin Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Riau berjalan aman, tertib dan lancar, terang Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto ( Hen).