Sosbud Atasnama Bupati, Asisten I Tutup MTQ Ke-46 Tkt Bengkalis, Juara Umum Kec.Bengkalis

Atasnama Bupati, Asisten I Tutup MTQ Ke-46 Tkt Bengkalis, Juara Umum Kec.Bengkalis

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Acara penutupan secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis, dilakukan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bengkalis Andris Wasono mewakili Bupati Kasmarni, di halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (23/11/21) malam.

Acara dimulai dengan tari persembahan dari sanggar tari Kecamatan Bathin Solapan, pembacaan surat keputusan dewan hakim juri tentang, nama-nama para pemenang dan penyerahan piala beserta piagam, hingga penekanan tombol sirene oleh Asisten I Bengkalis bersama para camat se-Kabupaten Bengkalis, Ketua Kemenag Bengkalis, Ketua LAM-R Bengkalis dan Forkopimcam Bathin Solapan.

Kata sambutan tertulis Bupati Bengkalis dibacakan Asisten I Andris Wasono mengatakan, kegiatan MTQ yang lekat dengan syiar agama ini tentunya akan terlihat hampa, jika tidak memberi bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat muslim secara keseluruhan. Apa lagi bagi peserta dan kafilah MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis.

Untuk itu pasca MTQ ini, sangat diperlukan perhatian dan keterlibatan sungguh-sungguh, serta tanggung jawab  seluruh komponen umat islam, ormas, peserta dan kafilah, maupun seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Untuk perlu bersinergi membangun komitmen serta kerja keras dan kerja ikhlas semua, agar penyelenggaraan MTQ  ini dapat memberikan manfaat,  dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat.

“Kami juga berharap, kepada camat bersama LPTQ kecamatan, harus ada upaya secara terencana pembibitan qori’ dan qoriah, hafidz-hafidzdah, mufassir-mufassiroh, maupun cabang musabaqah lainnya dengan mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing masing kecamatan,” kata Andris.

Diteruskannya, kepada LPTQ Kabupaten Bengkalis, juga bupati berharap, agar secara berkelanjutan lakukan pendampingan dan pembinaan kepada LPTQ kecamatan, agar program membumikan Alquran serta menegakkan syiar islam, untuk memperkokoh nilai-nilai alqur’an dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat tercapai. Terus tanamkan komitmen LPTQ, untuk senantiasa mengamalkan dan melaksanakan MTQ yang bersih, jujur, berakhlaq, berkualitas dan berprestasi.

“Kepada para qari’-qari’ah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah, khottot – khottotoh, yang telah meraih peringkat juara dalam pelaksanaan MTQ ke-46 ini, agar jangan berbangga diri dulu, karena prestasi yang telah saudar-saudari raih memiliki konsekuensi dalam rangka mepersiapkan diri untuk tetap terus berlatih, sehingga pada gilirannya bisa membawa harum nama Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau dan Nasional,” tutup Andris.

Pada perlombaan MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2021, dengan surat keputusan dewan hakim No.9/KPTS/DH – MTQ/XI/2021 yang dibacakan oleh Ismail menyatakan, Kecamatan Bengkalis dinobatkan sebagai juara umum dengan nilai 94, diikuti Kecamatan Bantan dengan nilai 68 dan Kecamatan Bukit Batu dapat nilai 36. Disamping itu, M.Firdaus dari Kecamatan Bantan juga dinobatkan sebagai peserta terbaik.

Tampak hadir di acara ini, Camat Bengkalis, Bantan, Mandau, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Bandar Laksamana, dan Bathin Solapan selaku tuan rumah, Kemenag Bengkalis, Ketua LAM R Bengkalis, Forkompincam dan para tamu undangan lainnya.(jlr).