Nasional Ulah Suami di Bali Palsukan Surat Kematian Istri Demi Nikah Lagi

Ulah Suami di Bali Palsukan Surat Kematian Istri Demi Nikah Lagi

BERBAGI

Badung

Ada-ada saja ulah seorang suami di Kabupaten Badung, Bali. Pria bernama Suraji (56) tersebut memalsukan surat kematian istrinya, Diah Suartini (54) untuk bisa menikah lagi.

Padahal istrinya itu masih hidup dan sehat walafiat. Suraji memalsukan surat kematian istrinya dengan bantuan kepala KUA Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, bernama Abdul Munir.

“Bahwa kedua tersangka tersebut sekitar bulan Agustus 2019 melakukan tindak pidana pemalsuan surat dengan cara tersangka membuatkan surat pernyataan kematian dan surat keterangan kematian palsu atas nama korban Diah Suartini,” kata Kajari Badung I Ketut Maha Agung dalam keterangan resminya, Rabu (24/11/2021).

Dua tersangka pemalsuan surat kematian, KTP dan KK jalani proses pelimpahan di Kejari Badung. (Dok. Kejari Badung)Foto: Dua tersangka pemalsuan surat kematian, KTP dan KK jalani proses pelimpahan di Kejari Badung. (Dok. Kejari Badung)

Surat Keterangan Diah Meninggal Dunia

Surat tersebut menjelaskan bahwa Diah, istri dari Suraji sudah meninggal dunia. Namun, tidak dijelaskan penyebab kematian Diah.

“Tidak dijelaskan meninggalnya karena apa, suratnya dia ketik sendiri. Cuma dijelaskan di sana telah meninggal saja dan diserahkan ke kepala desa untuk dimintakan tanda tangan,” jelas Maha Agung.

“Selain surat-surat tersebut, tersangka juga memalsukan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga,” tambahnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya

Sumber: DetikNews