Nasional Telusuri Keberadaan Riziek Sihab, Polisi Kirim Blue Notice

Telusuri Keberadaan Riziek Sihab, Polisi Kirim Blue Notice

BERBAGI
JAKARTA, Tribunriau – Penyidik Polda Metro Jaya meminta bantuan interpol untuk memburu imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab melalui mekanisme pengajuan penerbitan blue notice ke markas pusat interpol di Lyon, Prancis.

Hal itu dilakukan lantaran Rizieq dinilai tidak kooperatif dalam memenuhi panggilan penyidik terkait kasus dugaan chat mesum dirinya dengan Firza Husein. Dan saat ini, dikabarkan Rizieq Shihab tengah berada di Arab Saudi
“Jadi penyidik yang tangani kasus itu meminta permohonan mengirimkan (blue notice) melalui NCB (National Central Berau) Interpol Indonesia yang ada di Mabes Polri. Permintaan blue notice dikirimkan ke Lyon kantor pusat interpol,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (17/5/2017).
Setyo menjelaskan, blue notice adalah permintaan bantuan untuk mencari keberadaan seseorang dan aktivitasnya melalui interpol. Interpol sendiri diketahui memiliki anggota lebih dari 190 negara di dunia. “Jadi tidak harus tersangka ya, seseorang yang dicurigai saja kita bisa mengirimkan blue notice ke interpol,” ulasnya.
Ketika disinggung kapan surat permintaan blue notice terhadap Rizieq Shihab diajukan ke interpol, Setyo mengatakan tergantung kebutuhan dari penyidik. “Nanti dilihat situasinya, kalau penyidik memerlukan informasi itu mereka pasti mengirimkan,” katanya. (Okz)