Semesta Riau Rusak Parah, HKMR Bersama Warga Rupat GoRo Timbun Jalan

Rusak Parah, HKMR Bersama Warga Rupat GoRo Timbun Jalan

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Dikarenakan sudah rusak parah, Ketua Himpunan Kerukunan Masyarakat Rupat (HKMR) Arbaen D bersama warga melakukan gotong royong (GoRo), Selasa (19/01/2021).

Goro tersebut dilakukan di kawasan RT 03 Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Pantauan media ini di lapangan, Ketua HKMR Arbaen bersama warga dan supir pickup saling bahu membahu sedang menimbun jalan.

Ketua HKMR ketika dimintai keterangan menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukannya untuk meminimalisir korban kecelakaan, terlebih pembangunan di Rupat belum merata.

“Di sinilah terletak kebersamaan, selama ini memang nampaknya sistem pembangunan di Rupat ini belum merata, apalagi masalah fasilitas transportasi, seperti jalan yang selama ini kita gunakan setiap hari, sangat sangat mengkhawatirkan buat keselamatan pengguna jalan beberapa tahun ini,apalagi mobilitas di Rupat semakin meningkat,” ujar Arbaen.

Dikatakannya, perkebunan masyarakat di Rupat semakin meluas, tentunya butuh akses. “Jadi inilah tergerak hati kita untuk sama-sama memperhatikan daerah kita, siapa lagi yang memperhatikan kalau bukan kita,” jelasnya.

“Memang selama ini kita sudah sering melakukan kegiatan seperti ini untuk kebersamaan seperti masalah fasilitas RoRo. Secara pribadi kita bukan untuk menonjolkan diri siapa kita, kita sudah bergerilya, tapi hari ini mari kita sama-sama masyarakat bergotong royong untuk masyarakat, untuk masa depan kita di Rupat ini,” tambah Arbaen.

“Namun, jika semua itu tanpa komponen masyarakat, apalah jati diri kita yang bisa untuk berbuat kalau tidak ada dukungan dari masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Lurah, aparat TNI dan dukungan juga didapatkan untuk kegiatan tersebut.

“Mereka sangat mendukung kegiatan ini untuk kebersamaan Rupat. Untuk masalah material bahannya kita dapatkan dari sumbangan-sumbangan dari pengusaha, sedangkan untuk panjangnya jalan yang kita timbun dengan tanah kerikil sepanjang 75 meter dan kita usahakan selesai dalam dua hari ini,” urainya.

“Untuk kantor pusat kita di jalan Teratai No 49 Dumai,” pungkas Arbaen d.

Salah seorang warga yang tidak ingin identitasnya disebutkan mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, pada tahun lalu beberapa anggaran untuk pembangunan jalan di Rupat dipangkas karena pandemi covid-19 yang melanda dunia.

Penulis: Johanes Mangunsong