Kesehatan Peserta Vaksin Membludak, Danramil Rupat: Antusias Masyarakat Meningkat

Peserta Vaksin Membludak, Danramil Rupat: Antusias Masyarakat Meningkat

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Peserta penerima Vaksin di UPT Puskesmas Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Bengkalis membludak, Senin (28/6).

Semula, penerima vaksin diperkirakan hanya untuk 150 orang, namun tingkat antusias masyarakat tampaknya sudah mulai meningkat.

Hal itu tampak dari jumlah kehadiran masyarakat Batu Panjang, sekitar 300 calon penerima vaksin Sinovac memadati lokasi acara.

Dikarenakan banyak yang tidak mendapatkan kesempatan untuk vaksin, Danramil Batu Panjang menyampaikan permohonan maafnya dan berupaya kedepannya bakal digelar acara serupa.

“Sebelumnya saya minta maaf kepada masyarakat yang sudah hadir pada hari ini, awalnya dari Kodim diperintahkan itu 30 vial dikali 10 orang, untuk pPuskesmas Batu Panjang 30, UPT Lecah 30, UPT Rupat Utara 20 vial, jadi jumlahnya 800, awalnya, itu untuk suntikan pertama, ternyata kemaren mendadak ada perintah baru, bahwasanya yang 30 vial atau 300 orang itu dibagi dua,150 suntikan pertama, 150 lagi untuk suntikan kedua. Saya masih minta bantu koordinasi kepada Pasiter Kodim lagi,” ujar Danramil.

“Untuk penambahan pasien vaksinasi hari ini, kita koordinasi dulu dengan kepala UPT Batu Panjang, dr. Dahlia, setelah dapat informasi dari kabupaten, kita koordinasikan dengan kepala UPT dengan catatan saya harus dapat informasi dari kodim dulu,” tambahnya.

 

Danramil mengimbau kepada masyarakat jangan merasa kecewa, nanti apabila ada lagi akan kita sampaikan. “Kami berterimakasih juga kepada masyarakat yang antusias untuk mengikuti vaksin, berarti masyarakat sudah sadar bahwa pentingnya divaksin,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Ketua RT menyampaikan kekecewaan masyarakat yang sudah lama mengantri, bahkan ada juga yang sudah dua kali mendatangi acara vaksinasi, namun belum berhasil menjadi penerima vaksin.

“Kalau bisa di kelurahan harus buat juga satu tempat, kalau di puskesmas seperti ini semua gabung, jadi bentrok, sementara warga saya yang hadir sekitar 30 orang, satu orang pun tidak dapat vaksin, jadi saya berharap ada jadwal yang pas untuk setiap kelurahan,” saran dari salah seorang RT di kelurahan Tanjung Kapal.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Puskesmaa Batu Panjang, dr. Dahlia menjelaskan bahwa hari ini target peserta penerima vaksin hanya dua ratus (200) orang.

“Untuk batas hari ini mungkin sampai 200 orang, sementara untuk besoknya kalau vaksinnya sudah datang, minimal 100 orang lagi, hari ini karena ada kerjasama dengan TNI jadi mungkin lebih banyak,” jelas Dahlia.

“Untuk masyarakat yang belum dapat, vaksin ini akan ada setiap hari, cuma nanti itu akan kita atur lagi bagaimana sebaiknya ini berjalan lancar, karena antusias masyarakat meningkat, sementara sebelumnya masyarakat banyak yang tidak mau, jadi sambil mendukung program pemerintah satu juta sehari vaksin harus dapat, makanya setiap puskesmas mengadakan vaksin hampir setiap hari,” pungkas Dahlia yang juga menyemangati masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan vaksin hari ini.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Darwis Joon Viker