Pemkab Rohil Wujudkan Beberapa Program strategi infrastruktur

0

ROHIL,Tribunriau.com – Sesuai dengan visi misi Bupati Rohil Afrizal Sintong.SIP dan Wakil Bupati Rokan Hilir. H Sulaiman SS MH, pembangunan infrastruktur wilayah terisolir menjadi salah satu program yang terus digesa.

Adapun Salah satu proyek strategis dan pembukaan wilayah terisolir yang dilaksanakan Bupati adalah jalan sungai daun menuju Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Kadis PUTR Rohil Asnar mengatakan, pembangunan jalan di pasir limau kapas ini merupakan salah satu proyek jalan yang sangat ditungu oleh masyarakat di Palika , ini merupakan proyek strategis Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Meski belum tuntas secara keseluruhan lanjut Asnar, diharapkan pada tahun 2024 nanti Bupati Afrizal Sintong akan menambah kembali pembangunan semenisasi nya agar tuntas hingga sampai ke Panipahan.

Selanjutnya infrastruktur sistem penyediaan air minum (SPAM ) Dumai – Rohil – Bengkalis (Durolis ) di kecamatan Tanah putih tanjung melawan yang telah diresmikan oleh Presiden jokowi.

Presiden jokowi mengatakan, pelayanan air bersih memang masih jadi kendala hampir di setiap Provinsi Kabupaten Kota. Oleh sebab itu, Jokowi merasa bersyukur bisa meresmikan spam Durolis yang bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32 ribu rumah tangga saat ini di tiga kabupaten.

“Proyek ini menghabiskan dana 396,6 miliar, uang yang tidak sedikit yang dikeluarkan kementerian PUPR dan tanah 5 hektar yang disediakan oleh Pemkab Rohil,” ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu karena penggunaan nya spam saat ini baru 400 liter per detik, diharapkan Presiden karena masih memiliki space atau ruang yang masih banyak lagi disalurkan ke rumah tangga ini akan ditindak lanjuti terus untuk segera diselesaikan.

“Semoga SPAM Durolis ini menjadi penyedia air minum dengan kualitas yang baik masyarakat Rohil Dumai dan Bengkalis yang akan menyematkan dan mensejahterakan masyarakat kita “, sebutnya.

lebih lanjut Bupati Rohil Afrizal sintong menambahkan , aliran airnya saat ini baru ada tiga Kecamatan yakni Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako. Diharapkan Bupati melalui APBD Rohil kedepannya akan dianggarkan agar saluran air nya bisa sampai ke Kecamatan lainnya.

Jembatan Air Hitam di kecamatan pujud kabupaten Rokan Hilir
Jembatan Air Hitam di kecamatan pujud kabupaten Rokan Hilir

Ditahun 2022 , dibawah kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Rohil Berhasil Bangun sembilan proyek seterategis infrastruktur jalan dan jembatan

Adapun sembilan pembangunan strategis tersebut yakni, pembangunan jembatan air hitam yang berada di Kacamatan Pujud dengan nilai pembangunan sebesar Rp 31.6 Miliar lebih.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ini membuka akses dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan selama ini menjadi asa tersendiri bagi masyarakat Air Hitam, Kecamatan Pujud.

Dimana, selama ini tempat tersebut merupakan wilayah yang terisolir dan sulit di jangkau karena minim nya infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Bahkan, untuk menuju suak air hitam, hanya bisa dilalui dengan menggunakan pompong.

Namun, sejak Kabupaten Rohil dipimpin Bupati Afrizal Sintong dan Wakil nya H Sulaiman, mimpi masyarakat air hitam, Kecamatan Pujud menjadi kenyataan dengan telah dimulai nya pembangunan jembatan sepanjang 140 meter dan lebar 7 meter.

Pembangunan jembatan yang bersumber dari APBD Rohil tahun 2022 itu akan menghubungkan kepenghuluan dan desa di tepian Sungai Rokan tersebut.

Kemudian peningkatan jalan Simpang Kanan (DAK Reguler) yang berada di Kecamatan Simpang Kanan dengan pagu anggaran sebesar Rp 13,6 Miliar, peningkatan jalan lintas Bangko Pusako – Kubu (DAK) penugasan Kecamatan Kubu Babussalam senilai Rp 15,7 Miliar.

Peningkatan jalan Simpang Sola menuju bundaran patung kuda Kecamatan Tanah Putih Rp 10,9 Miliar, peningkatan jalan Putri hijau Kecamatan Tanah Putih Rp 8,3 Miliar, peningkatan jalan Poros Kubu – Bangko Pusako Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam dan Bangko Pusako Rp 17 Miliar.

Selanjutnya peningkatan Jalan Kepenghuluan Sei Keladi – Sekapas Kecamatan Rantau Kopar Rp 15,5 Miliar, peningkatan Jalan Lintas Desa Pasir Limau Kapas Kecamatan Palika Rp 21,5 Miliar serta peningkatan jalan KPL Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko sebesar Rp 3,2 Miliar.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP mengatakan, meski pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terpusat di beberapa Kecamatan, bukan berarti pembangunan diwilayah lainnya terabaikan.

Hal ini sebut Bupati, mengingat di beberapa wilayah tersebut belum pernah tersentuh pembangunan dan masih sangat terisolir. Sehingga, pembangunan banyak terpusat di daerah yang sangat di butuhkan masyarakat.

“Dengan dilaksanakan nya pembangunan di beberapa wilayah yang terisolir tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerataan pembangunan akan terus kita laksanakan dan target kami seluruh wilayah yang ada di Rohil tidak ada lagi yang terisolir, ” kata Bupati.

Untuk tahun 2023 sendiri tambahnya, meski dengan keterbatasan keuangan daerah, berbagai pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan juga telah di anggarkan dalam APBD dan tinggal menunggu pelaksanaan nya saja. Sehingga, Bupati mengajak semua pihak untuk saling mendukung dan bersama-sama membangun Negeri yang berjuluk “Seribu Kubah”

Pembangunan infrastruktur program Internet murah

Pembangunan infrastruktur program Internet murah dikecamatan Bangko pusako
Pembangunan infrastruktur program Internet murah dikecamatan Bangko pusako


Penyediaan internet murah dan cepat diwilayah pedesaan yang merupakan program Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) mulai dilaksanakan.

Saat ini, Icon plus selaku pihak ketiga sudah mulai melakukan pembangunan infrastruktur program internet murah dan cepat tersebut di Kecamatan Bangko Pusako.

“Alhamdulillah pembangunan infrastruktur untuk program internet murah dan cepat sudah mulai dilaksanakan, ” kata Bupati Rohil Afrizal Sintong.

Dijelaakanya, pengadaan internet murah dan cepat di wilayah pedesaan ini bertujuan untuk mendigitalisasikan seluruh Kepenghuluan yang ada di Kabupaten Rohil khususnya wilayah yang masih sulit untuk mengakses internet.

Penyediaan internet murah ini lanjutnya, juga untuk membantu menggerakkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat yang bergerak secara online. Sebab, dengan internet, para pelaku UMKM dapat mempromosikan produknya melalui media sosial maupun lainnya.

Selain itu sambung Bupati, dengan keberadaan internet murah dan cepat ini juga dapat membantu perkembangan dunia pendidikan di Pedesaan.

“Insyaallah secepatnya akan kita launching. Saya juga menargetkan pada akhir 2024 mendatang seluruh Kepenghuluan yang ada di Kabupaten Rohil sudah dapat terlayani dengan jaringan internet,” sebutnya.

Sementara itu, Kadiskominfotiks Rohil Indra Gunawan SE MH menambahkan, pembangunan infrastruktur untuk program internet murah dan cepat tersebut telah dimulai oleh pihak Icon plus beberapa hari yang lalu di Kecamatan Bangko Pusako.

Untuk lokasi launching internet murah dan cepat itu sendiri terang Indra, direncanakan akan dilaksanakan di Kepenghuluan Bangko Mukti, Kecamatan Bangko Pusako.

“Sebelumnya saya telah mengunjungi wisata bangko mukti yang kita rencanakan sebagai lokasi launching internet murah,” kata Indra Gunawan.

Saat mengunjungi tempat wisata yang berhasil meraih juara ll desa wisata terbaik se Provinsi Riau itu, Indra mengaku sangat kagum dan memberikan apresiasi atas kemampuan Desa tersebut untuk mandiri dalam mengembangkan potensi wilayahnya hingga menjadi icon Kabupaten Rohil.

“Masyarakat juga sangat berterimakasih kepada Bupati Rohil yang sangat antusias dalam mewujudkan konektivitas jaringan internet di wilayah pedesaan dengan harga yang sangat terjangkau,” pungkasnya.

Hadiri musrenbang RKPD Riau 2024, Bupati Rohil Minta perbaikan Jalan

Bupati kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong. SIP menghadiri murenbang RKPD Riau Tahun 2024 di pekanbaru. 
Bupati kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong. SIP menghadiri murenbang RKPD Riau Tahun 2024 di pekanbaru.

“Berbagai macam usulan pembangunan yang diusulkan oleh pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir melalui Musrenbang RKPD 2024 semoga dapat direalisasikan oleh pemerintah provinsi Riau dan pemerintah pusat”, harap Bupati Afrizal sintong.

Sebab lanjut Bupati, di Kabupaten Rokan Hilir masih banyak wilayah yang belum tersentuh oleh pembangunan terutama di bidang infrastruktur jalan sebagai salah satu penggerak roda ekonomi masyarakat khususnya jalan lintas pesisir dan jalan provinsi Riau yang menghubungkan Kabupaten Rokan Hilir dengan Rokan Hulu.

“Jalan lintas pesisir menuju kecamatan Kubu sampai saat ini masih jadi keluhan bagi masyarakat kami. Begitu juga dengan jalan lintas di Kecamatan Tanjung Medan, kami harap ini bisa diselesaikan pada 2024 mendatang,” pinta Bupati. (ADV)