Pemkab Rohil Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

0
Pemkab Rohil Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

ROHIL, Tribunriau – Agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal, Pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) terus berupaya tingkatkan kualitas pelayanannya.

Peningkatan tata kelola pemerintah yang baik dapat ditunjukan pula dengan peningkatan ketertiban masyarakat dan menciptakan stabilitas keamanan.

Pemkab Rohil dibawah kepemimpinan Afrizal Sintong, SIP dan H. Sulaiman. SS. MH terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk dengan pembuatan e-ktp di tingkat Desa yang juga telah dilakukan.

Wakil Bupati Rokan Hilir, H.Sulaiman SS. MH menegaskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir agar pelayanan harus cepat tuntas dan tidak bertele-tele, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Perekaman e-KTP Hingga Tingkat Desa

Guna memastikan tersalurnya pelayanan terbaik kepada masyarakat, Bupati kabupaten Rokan Hilir, Afrizal Sintong, SIP memantau langsung proses perekaman e-ktp di kepenghuluan Tanjung Medan.

Pemerintah kabupaten Rokan Hilir melalui dinas pendudukan dan catatan sipil sengaja melakukan jemput bola untuk meringankan masyarakat Rohil yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan, apalagi jarak antara Tanjung Medan – Bagansiapiapi yang begitu jauh, tentunya masih banyak warga yang belum memiliki e-ktp sehingga program yang dibuat ini bisa meringankan biaya masyarakat.

“Seluruh pelayanan publik di Rokan Hilir dapat memberikan yang terbaik dan kemudahan bagi masyarakat, bukan hanya Disdukcapil saja tapi Dinas lain seperti kantor desa, puskesmas, rumah sakit ,bagian perizinan dan lainnya diharapkan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Afrizal Sintong.

Selanjutnya dalam upaya untuk mempercepat pelayanan Administrasi kependudukan bagi masyarakat suku Bonai kepenghuluan Babussalam Rokan kecamatan Pujud, Dinas kependudukan catatan sipil (Disdukcapil) Rokan Hilir kembali melakukan perekaman KTP Elektronik di kantor kepenghuluan Babussalam Rokan.

“Tidak ada alasan lagi bagi warga tidak punya KTP, KK dan Akte kelahiran, kita menyadari bagi warga suku Bonai ingin mengurus ke Bagansiapiapi tentu sangat sulit, dan membutuhkan biaya yang sangat besar karena harus menginap juga mengeluarkan biaya transportasi, untuk itu Disdukcapil langsung datang ke sini,” tambah Bupati.

Sementara itu, kepala Dinas Disdukcapil Andi mengatakan, pelaksanaan perekaman KTP el bagi masyarakat suku Bonai merupakan program jemput bola untuk mempermudah pelayanan kependudukan.

Pihaknya akan terus melakukan perekaman ke daerah terpencil agar percepatan pelayanan Adminduk di kabupaten Rokan Hilir dapat terwujud.

Kadisdukcapil berharap program perekaman KTP el untuk suku Bonai dapat berjalan dengan lancar sehingga upaya mempercepat dan mendukung akurasi terbangunya database kependudukan kabupaten Rokan Hilir dapat maksimal.

Pemkab Rohil Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

Pemerintah kabupaten Rokan Hilir di bawah kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong, SIP dan Wakil Bupati H. Sulaiman, SS.MH kembali meraih penghargaan dari Ombudsman RI, Hal tersebut dikarenakan fokus Bupati dan wakil Bupati terus menggalakkan peningkatan pelayanan publik.

Dengan penghargaan ini, Rokan Hilir mendapat nilai 84 dan berada di zona hijau menurut penilaian ombudsman penilaian opini pengawasan penyelengaraan pelayanan publik, sebelumnya tahun 2021 lalu Rokan Hilir berhasil meraih posisi tiga terbaik dari Ombudsman.

“Alhamdulillah Rohil berada di zona hijau di peringkat ketiga juga dan ini akan terus kita tingkatkan lagi sampai ke tingkat pertama se-indonesia,” ujar Bupati.

Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada dinas dalam pelayanan public yang telah bekerja sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan kepada dinas terkait, tidak boleh berpuas diri dengan hasil yang didapat saat ini, dia berharap kepada dinas pelayanan public sampai tingkat kepenghuluan untuk terus bekerja membuat inovasi baru agar pelayanan semakin cepat, tepat, akurat.

“Mudah–mudahan hal ini bisa memacu semangat kita untuk bekerja, mari kita bekerja sepenuh hati, berikan yang terbaik kepada masyarakat, perbanyak senyum dan ramah tamah kepada masyarakat dan berikan pelayanan yang baik,” pungkasnya. (ADVERTORIAL ROHIL)