Ekonomi Pemkab Rohil Peringati Hari Koperasi Nasional ke – 72

Pemkab Rohil Peringati Hari Koperasi Nasional ke – 72

BERBAGI

ROHIL, tribunriau – Pemerintah kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas koperasi dan UKM Rohil menggelar Bazar pelaku UKM dalam rangka memperingati Hari koperasi Nasional ke – 72 Tahun 2019 di gedung H. Misran Rais Bagansiapiapi, kamis (26/9/19). Peringatan Hari koperasi Nasional ke – 72 ini dengan tema ” Reformasi total koperasi di era revolusi industri 4.0 “.

Sekda Rohil Drs. Surya Arfan.MSi mengatakan, Dalam rangka Hari koperasi Nasional ke – 72 kabupaten Rokan Hilir merayakanya, diundang seluruh pengurus koperasi, pejabat, perbankkan untuk memotipasi para koperasi agar terus mengembangkan usahanya.

Tadi Dinas koperasi Dan UKM Rohil memberikan apresiasi kepada pengurus yang berprestasi, baik itu jumlah anggotanya, tercepat eratnya, tata kelolanya, kemudian pembinaanya.

” Kita berharap koperasi yang berjumlah 311 ini, sesungguhnya jumlah nya 361 ,jadi ada 50 koperasi yang perlu di bina dan ini tanggung jawab Dinas koperasi dan UKM rohil, camat, untuk mengembangkan koperasi yang ada ini,” paparnya.

” Saya berharap kepada BANK BRI, BNI , BANK RIAU,BANK MANDIRI, BANK ROHIL berikan kemudahan – kemudahan kepada pengusaha kecil supaya mereka bisa berkembang, karena persoalan yang ada pada usaha kecil kita adalah modal.” kata surya Arfan.

Selanjutnya masalah pemasaran, makanya perlu kita membina mereka,supaya berkembang seperti UKM yang lain, kesanya selama ini ada perbankan yang mempersulit ,mungkin mereka takut memberikan modal karena kondisi usaha yang tidak memungkinkan mereka tidak dibantu, untuk menghidupkanya harus kita bersama – sama, kita jangan takut dan menghindar, tapi kalau kita ingin bantu mereka, bantu saja supaya bisa UKM nya berkembang .

Tambahnya, Untuk Rokan Hilir UKM nya sangat luar biasa, karena banyak potensi kita yang akan dikembangkan, dari perikanan saja bisa diolah buat keripik, udang ,siput, kerang, belum lagi pertanianya, kita ada jagung, keladi, ubi, padi yang bisa dikembangkan untuk makanan lokal.

Persoalan yang ada sekarang adalah permodalan dan pemasaran, inilah tugas pemerintah Daerah untuk membantu UKM itu,” jelas surya Arfan.

Selanjutnya kadis koperasi dan UKM Rohil Wasirwan Yunus. S.Sos, mengiginkan koperasi yang selama ini tempat orang meminjam duit,tapi koperasi bisa meningkatkan wira usahanya.

” Jadi seluruh koperasi ini diharapkan berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan meningkatkan ekonomi masyarakat, Bagaimana mensejahterakan,tentu koperasinya harus berkualitas dan usaha,” ujar wasirwan yunus.