Menhub Berangkatkan 1528 Mudik Motor Gratis

4
BERBAGI
Mudik Gratis

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan melepas keberangkatan 1528 sepeda motor milik para pemudik gratis ke sembilan kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah di halaman kantor Devisi Regional Bulog Jakarta di kawasan Kelapa Gading Jakarta. Sedangkan 3056 pemilik motor tersebut akan diberangkatkan Kamis (24/7/2014) dari Lapangan Monas.

Menhub mengatakan, mudik sepeda motor gratis dapat mengurangi kepadatan kendaraan dan kecelakaan di jalan terutama sepeda motor yang berkontribusi mencapai 70% terjadinya kecelakaan.

“Dengan adanya pengangkutan sepeda motor pemudik, maka motornya dapat digunakan untuk aktivitas berkunjung ke sanak keluarga di kampung halaman,” ujar dia Rabu (23/7/2014).

Mangindaan mengakui, pihaknya tidak bisa melarang masyarakat untuk mudik menggunakan motor meskipun semua pihak tahu bahwa motor tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh. Namun demikian, dia meminta para pemudik yang menggunakan sepeda motor agar berhati – hati dengan mematuhi aturan lalu lintas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keselamatan dan LLAJ Kementerian Perhubungan Hotma Simanjuntak menyampaikan bahwa mudik 1528 motor diangkut dengan 33 unit truk ke kota-kota tujuan yaitu, Solo (9 truk dengan kapasitas 443 motor), Wonogiri ( 4 truk dengan kapasitas 225 motor), Yogyakarta (4 truk dengan kapasitas 229 motor), Kebumen (4 truk dengan kapasitas 183 motor), Wonosobo (1 truk dengan kapasitas 72 motor), Tasikmalaya (1 truk dengan kapasitas 17 motor), Purwokerto (3 truk dengan kapasitas 172 motor), Cilacap (1 truk dengan kapasitas 38 motor) dan Magelang (4 truk dengan kapasitas 149 motor).

“Makin banyak penyelenggaraan mudik gratis atau murah tentunya masyarakat akan lebih memilih menggunakan moda transportasi seperti bus, kereta atau kapal dibandingkan harus menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh jauh,” tutur Hotma. (mtnc)