Politik Jokowi Jadi Perhatian Media Massa di Timur Tengah

Jokowi Jadi Perhatian Media Massa di Timur Tengah

7
BERBAGI

 

Joko Widodo


Kairo: Terpilihnya Joko Widodo sebagai presiden periode 2014-2019 menjadi perhatian media massa sejumlah negara di dunia. Di kawasan Timur Tengah, sejumlah surat kabar memberitakan pertarungan sengit pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia dengan berbagai judul.

Koran yang tersebar luas dan berpengaruh di Timur Tengah, Al Hayat, dalam edisi cetak Rabu (23/7/2014) memberi judul di rubrik internasional, “Capres Kalah Menuduh ‘kecurangan massif dan terencana’: Penguasa Jakarta jadi Presiden RI”. Menurut Al Hayat, Pilpres dengan dua pasangan capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla merupakan pertarungan yang sengit sejak tumbangnya rezim diktator Presiden Kedua RI Soeharto pada 1998.

Jokowi digambarkan sebagai pemimpin baru yang tidak terkait dengan rezim Soeharto dan belum pernah berurusan dengan hukum. Adapun Probowo digambarkan sebagai capres yang memiliki hubungan erat dengan rezim Orde Baru pimpinan Soeharto dan dikaitkan dengan dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Koran Al Ahram yang berkantor pusat di Boulaq, Kairo menyoroti pengunduran diri Prabowo dari pencalonan presiden menjelang pengumuman hasil pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Capres Indonesia yang kalah mengumumkan penarikan pencalonannya dari Pilpres,” demikian judul harian berbahasa Arab itu.

Dikemukakannya, Prabowo mengundurkan diri dari capres sebagai protes atas kecurangan dalam proses penyelenggaraan pilpres. Dikutip juga bahwa pengunduran diri Prabowo itu diduga menyalahi Undang-Undang Pilpres dan dapat diancam hukuman selama lima tahun penjara dan denda sebesar 5 juta dolar AS.

Sedangkan koran Al Sharq menggambarkan Jokowi sebagai pemimpin baru Indonesia berusia 53 tahun yang mendapat pujian dari mayoritas rakyat Indonesia. Jokowi disebutkan pula sangat peduli terhadap rakyat miskin dan memiliki kharisma dekat dengan rakyat kecil.

Sementara itu, koran Akhbar Al Arab mewartakan bahwa Amerika Serikat menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI ketujuh. “AS yang menempatkan Indonesia sebagai sekutu sangat penting di Asia dalam menghadapi China, segera menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi,” katanya.

Pernyataan serupa diutarakan sejumlah surat kabar di Timur Tengah di antaranya Al Yaoum, Al Balad,  Al Anba, dan Al Masai.(ant)