Semesta Riau Masih Ada Desa di Bengkalis Belum Ajukan APBDes

Masih Ada Desa di Bengkalis Belum Ajukan APBDes

BERBAGI

BENGKALIS, Tribunriau – Beberapa Desa masih ada yang belum melakukan pengajuan berkas pencairan dana untuk Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, Ismail, MP mendesak agar desa yang bersangkutan segera mempercepat berkas pengajuannya.

“Kita (DPMD,red) semakin cepat berkas yang diajukan maka cepat pula diproses, sehingga upaya percepatan realisasi APBDes dapat terlaksana,” jawab Ismail MP selaku Kapala DPMD Kabupaten Bengkalis pada awak media ditanya berkenaan keterlambatan penyaluran Dana untuk Desa, Rabu pagi (31/5).

Ismail menuturkan bahwa pencairan dana ke Desa memiliki proses yang tidak serta merta dapat dilakukan sepihak oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui DPMD.

“Jadi pencairan dana untuk APBDes melalui beberapa proses selain ditingkat desa itu sendiri juga diantaranya adanya evaluasi APBDes dari tingkat kecamatan,” sebut Ismail.

Untuk itu DPMD sendiri sebut Ismail sudah menekankan melalui pertemuan dan rapat kerja bersama Pemerintah Desa beberapa bulan yang lalu agar berkas pengajuan pencairan dana untuk APBDes 2017 segera diajukan.

“Hingga saat ini baru 71 yang berkas diterima dari 136 Desa Se Kabupaten Bengkalis,”

“Jadi masih ada 65 Desa yang belum mengajukan, maka hari ini kita desak kembali pada desa tersebut untuk segera mempercepat berkas pengajuan,” sebut Ismail diruang kerjanya jalan Pertanian Bengkalis.

Tambahnya lagi, sementara itu untuk 71 Desa yang telah mengajukan berkas persyaratan, bagi yang lengkap diteruskan ke PPKD/BPKAD Kabupaten Bengkalis untuk penyaluran langsung ke rekening kas desa.

“Bagi yang telah disalurkan, diharapkan dananya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,”

“Program dan kegiatan yang sudah direncanakan agar cepat dilaksanakan, sehingga dengan demikian akan dapat pula segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Ismail. (fri)