Lingkungan “Masalah DBD Bukan Hanya Tugas Pemerintah”

“Masalah DBD Bukan Hanya Tugas Pemerintah”

BERBAGI

Tribunriau, PEKANBARU
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru  Edwar Sanger mengatakan permasalahan DBD bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab seluruh komponen, termasuk masyarakat

Untuk mengantisipasi maraknya kasus  Demam Berdarah Dengue (DBD), memasuki musim penghujan saat ini, Pj Walikota Pekanbaru sudah menginstruksikan seluruh Camat dan Lurah untuk terus mengajak masyarakat membersihkan lingkungan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir kasus demam berdarah di Kota Pekanbaru.

Edwar menjelaskan, untuk kasus DBD saat ini, ia belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB), “Status KLB DBD di Pekanbaru belum perlu. Kita sedang berusaha memperbaiki dan menginstruksikan Kepala Dinas dan Camat,” kata Edwar Sanger, Rabu (1/3).

Ditambahkan Edwar, Pemko sudah mengeluarkan surat edaran himbauan serta intruksi yang harus dilakukan oleh camat dan lurah untuk terus meminimalisir kasus DBD di Pekanbaru.

“Kemarin surat edarannya saya sudah tandatangani. Masalah DBD ini bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi semua masyarakat Pekanbaru. Nah kalau masih ada kasus, berarti tak dijalankan masyarakat,” ungkapnya. 

Pj Wako juga menyebutkan, seluruh camat dan lurah yang ada di Pekanbaru untuk turun langsung ke lapangan mengimbau kepada warganya terus membersihkan selokan, drainase yang berada di lingkungan sekitar. 

“Camat dan Lurah harus cek dan action. Kalau kita turun ke lapangan, pasti tahu kondisi di lapangan “ ujarnya mengakhir.(rls)