Sosbud Lurah Sei Lekop Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Lurah Sei Lekop Gelar Pelatihan Kewirausahaan

BERBAGI
Lurah Sei Lekop Gelar Pelatihan Kewirausahaan

BATAM, Tribunriau- Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, berani membuat sesuatu yang lebih berani dan Inovatif di kalangan pengusaha UKM di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Sagulung mengadakan pelatihan Kewirausahaan, melalui Dana Alokasi Umum mulai 22 hingga 23 Juni 2019.

Dalam acara pelatihan yang diikuti 50 orang pelaku usaha yang ada di seluruh kelurahan Sei Lekop, mulai dari pembuat kue, pengrias pengantin, penjual makanan, dan minuman, pedangang kelontong, ibu–ibu PPK, Posyandu, hadir juga tokoh masyarakat, RW, RT dan Lurah Sei Plunggut Lanaja.

Fatma Nandra SE, selaku pemateri menjelaskan, perlu adanya motivasi bagi para pelaku usaha UKM, kemudian memberi cara untuk bagaimana mengembangkan usaha produknya agar memiliki nilai jual yang tinggi.

“Kita perlu memotifasi para pelaku usaha UKM, kemudian kita memberi cara untuk bagai mana mengembangkan usaha prodaknya memiliki nilai jual yang tinggi, contoh ada pelaku yg sudah bagus kemasan dan kuenya, tapi karna belum mempunyai merek (Brand) label halal, tak punya ijin usaha, produknya ini tidak mempunyai nilai tambah, kemudian produknya sudah bagus, tapi kemasanya tidak menarik, ini juga mempengaruhi nilai jual produknya, makanya Packagignya harus baik didisain secantik dan rapi ,sehingga tampilanya bagus,” jelas Fatma.

“Kemudian kita mengajari bagaimana berjualan di Media sosial dengan benar, kemudian kita memberi materi pembelajaran bagaimana pembukuan yang benar dengan aplikasi android dengan cara simpel, agar tidak perlu catat-catat lagi, jadi begitu ada keperluan hitung menghitung tinggal buka HP, kita sudah bisa lihat pembukuanya disana,” tambahnya.

Adanya keluhan pelaku usaha UKM dalam acara pelatihan kewirausahaan, dalam mengurus dokumen ijin label halal, BPOM pembuatan merk, karena tanpa ijin tersebut kita tidak bisa memasukan produk kita ke Super Market dan Pasar terbuka, disampaikan pada acara ini agar disampaikan kepada pemerintah, agar dipermudah, dan mendapatkan solusi. (pilian)