Lingkungan Keluhan Warga Terhadap PT.BSS, Tim DLH Rohil Turun ke Lokasi

Keluhan Warga Terhadap PT.BSS, Tim DLH Rohil Turun ke Lokasi

7
BERBAGI
Tim DLH Kabupaten Rohil turun langsung ke Sekolah SD N 017 Kepenghuluan Bangko sempurna
Tim DLH Kabupaten Rohil turun langsung ke Sekolah SD N 017 Kepenghuluan Bangko sempurna

ROHIL,Tribun Riau- Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rohil turun langsung ke SDN 017 Kepenghuluan Bangko sempurna, Balam Km 22 dan mengecek keberadaan Ipal Pabrik Pks PT.BSS.

Hal tersebut dilakukan karena adanya keluhan bau busuk yang diduga dari Pks PT.BSS. Tim DLH yang dipimpin langsung M.Nurhidayat SH sebagai Kabag Penataan dan Carlos Roshan ST melakukan pemantauan langsung ke lokasi bau limbah dan Pabrik Pks Pt.Bss, Kamis (13/09/2018) Pukul 14.30 Wib.

Setelah sampai di SDN 017 Bangko Sempurna, tim langsung bertemu masyarakat dan perwakilan guru SDN 017 Amriadi.

Dikatakan Amriadi kepada tim DLH, anak-anak didiknya merasa terganggu oleh bau busuk sehingga menghambat proses belajar. “Kasihan kalau melihat anak-anak pak, sangat mengganggu kegiatan proses belajar mengajar, anak murid sering terlihat menutup hidung untuk mengurangi bau busuk yang sangat mengganggu,” ujarnya.

Baca juga: Diduga dari Limbah PKS PT BSS, Guru dan Siswa SDN 017 Keluhkan Bau Busuk Menyengat

Dilanjutkan Amriadi, pihaknya tak ingin mempermasalahkan keberadaan perusahaan tersebut, hanya saja meminta untuk mengatasi bau busuk serta suara bising yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

“Kami mohon pak, bau menyengat dan suara bising itu dikurangilah, kami bukan mau permasalahkan pembangunan pabrik itu,” tambah Amriadi di hadapan pihak managemen perusahaan PT BSS dan tim DLH serta puluhan warga lainya yang hadir ketika Tim DLH ingin mengetahui kondisi sebenarnya di lokasi sekolah.

Hal senada juga disampikan Pandi (40) warga Bangko Sempurna, mereka bukan mau mengganggu pabrik itu, namun mereka hanya ingin perusahaan itu bisa mangurangi bau menyengat itu. “Baunya itu kadang pagi, kadang siang, kadang malam nggak tentu, Ikut arah angin. Kalau angin pas ke sini bisa sampai kepala pusing, tenggorokan kering, yang tak kuat sampai muntah-muntah,” tutur Pandi kepada Tim DLH dan pihak PT. BSS saat menceritakan keadaan yang dialami warga.

Menanggapi keluhan warga, Mhd. Yulianus selaku Manager Hrd PT.BSS didampingi Iqbal Gajali Lubis selaku Mill Manager meminta maaf kepada murid, guru serta warga sekitar atas kondisi yang diduga dari perusahaannya.

“Atas nama perusahaan saya meminta maaf kepada murid, guru dan warga atas kondisi yang ada saat ini. Kami akan terus berusaha untuk mengurangi bau busuk itu, namun kami berharap kepada warga agar bersabar untuk menunggu tim dari DLH untuk mengukur bau ambang batas udara yang dihasilkan pabrik kami,” ujarnya kepada warga.

Salah seorang warga, Mardiana Purba, yang ikut turun ke lapangan mencoba menjelaskan kepada awak media bahwa pada awal pabrik PT. BSS berdiri, warga mendapatkan beberapa minuman dan makanan sebagai bentuk kepedulian perusahaan.

“Kami tidak butuh telur lima butir dan susu dua kaleng yang pernah diberikan PT. BSS kepada kami pak sebagai ganti puding bagi warga sini. Kami hanya ingin bau busuk dan suara bising itu berkurang,” ujar Rosdiana.

Lebih lanjut, dikatakan Mardiana, jika kondisi masih saja tidak berubah, warga akan melakukan aksi. “Tapi kalau ini terus berlanjut, kami gak tahan lah. Kami akan demo aja nanti,” geramnya.

Setelah seleasai melakukan pengecekan di lokasi, tim Dlh langsung menuju pabrik Pks PT.BSS untuk membuat berita acara hasil dari verifikasi lapangan. Adapun hasil dari verifikasi bersama pihak perusahaan Pabrik Pks PT.BSS sebagai berikut:

1. Air cucian pabrik air kalsium dan air blowdown boiler dibuang langsung ke parit alam.

2. Terdapat kolam kecil yang berdiameter lebih kurang 2-3 Meter, yang berada di samping Ipal kolam 8, air yang di dalam kolam kecil tersebut berwarna kecoklatan dan berbau.

3. Tidak terdapat plank nama untuk kolam Ipal, perusahaan belum melakukan pemantauan emisi udara dan udara Ambien setiap (6) bulan sekali.

Tindakan yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan Pabrik Pks PT.BSS yaitu wajib melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Menghentikan kegiatan pembuangan air lindi dari janjangan kosong ke parit alam.

2. Menghentikan kegiatan membuang air limbah yang berasal dari cucian pabrik, air kalsium, serta air blowdown boiler ke rawa-rawa.

3. Air limbah, air cucian pabrik, air kalsium, air blowdown boiler dan air lindi dari janjangan kosong dialirkan ke Ipal.

4. Memindahlan kolam kecil yang berdiameter lebih kurang 2-3 Meter yang berada di samping Ipal kolam 8.

5. Memperbaiki Flat bed land yang berada di samping Ipal kolam Cooling Pond.

6. Melakukan pemantauan emisi udara dan udara Ambien setiap (6) Bulan sekali. (tony)