Kabupaten Rokan Hilir Raih Juara Tiga MTQ ke XLI Se-Provinsi Riau Tahun 2023

0

INHU, Tribunriau – Kabupaten Rokan Hilir meraih juara III dengan perolehan nilai 53 pada even Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke XLI tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 di Rengat Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Pengumuman tersebut langsung disampaikan dewan hakim pada acara penutupan MTQ ke XLI yang berlangsung di pinggiran danau raja, Rengat, Inhu pada sabtu (18/11/2023) malam.

Sedangkan yang berada pada urutan pertama adalah Bengkalis dengan nilai 82. Sedangkan Pekanbaru urutan kedua memperoleh nilai 64.

” Dengan demikian, yang menjadi juara umum tahun ini adalah Bengkalis” kata dewan hakim, Mawardi M Saleh saat membacakan putusan dewan hakim dihadapan seluruh tamu undangan dan ribuan masyarakat yang memadati pinggiran dan tribun danau raja.

Usai membaca putusan dewan hakim, Plt Gubernur Riau, melalui asisten I sebelum menutup secara resmi perhelatan MTQ ke XLI menyampaikan, even ini merupakan sarana untuk memperbaiki akhlak generasi muda Qurani. Dirinya sangat apresiasi pelaksanaan MTQ tahun ini berjalan dengan baik aman dan lancar

“Kalau saya menilai pelaksanaan MTQ di Inhu ini sudah seperti MTQ tingkat nasional dan kita berharap inhu akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat nasional,” kata Asisten I Pemprov yang disambut gemuruh tepuk tangan.

Sementara itu, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani dalam kesempatan itu mengungkapkan, pengambilan lokasi MTQ dipinggiran danau raja tidak terlepas dari nilai historis serta keunikan danau yang berada ditengah kota yang airnya tidak pernah surut saat kemarau dan tidak pernah melimpah saat hujan.

Dikatakan Rezita, selama perhelatan MTQ, lokasi Danau Raja siang dan malam tdk pernah sepi. Tentunya, dengan even MTQ ini telah membuat tingginya perputaran ekonomi di kota Rengat.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan MTQ selama 8 hari sejak 11 sd 18 November dengan melibatkan sebanyak 762 peserta se Provinsi Riau Sedangkan Rokan Hilir sendiri menurunkan sebanyak 65 peserta.

Sebelumnya, Kafilah Rokan Hilir sempat masuk final dan semi final untuk cabang Al Barzanji, TQ anak – anak, Syarhil, Qiraat M Dewasa, Khat Dekorasi, Khat Naskah, Hadis 500 KTIQ (SF), Hifzhil 1 juzz, Canet, Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia dan TQ Dewasa.

MTQ dtahun ini juga ada keunikan dengan mengikutsertakan peserta hafizah yang masih berumur 9 tahun hapalan 30 juz dari kota Pekanbaru . (Hen/Rls)