Dunia Artis Ini Kisah Tragis Kematian 4 Aktris Cantik Asal Korsel

Ini Kisah Tragis Kematian 4 Aktris Cantik Asal Korsel

BERBAGI
Sulli yang diduga meninggal karena bunuh diri
Sulli yang diduga meninggal karena bunuh diri

Tribunriau- Kasus kematian Aktris Korea, Sulli menarik perhatian publik, apa yang terjadi di industri hiburan Korea Selatan? Bagaimanakah yang dialami aktris? seringnya fakta tersebut tidak seindah seperti citra glamor yang selama ini terlihat.

Begitu banyak faktor yang bisa menyebabkan stres dalam kehidupan aktris Korea Selatan. Tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan akting dan penampilan sempurna, mereka juga harus dapat membangun persona yang dicintai oleh masyarakat.

Mengutip The Korea Times, aktris Korea berada di bawah pengawasan mengenai standar etika yang ketat.

“Terkadang, (masyarakat) Korea menerapkan moralitas yang lebih tinggi terhadap selebriti, lebih dari politisi maupun pemuka agama,” tulis media tersebut. Belum lagi, mereka juga harus menghadapi tekanan berupa masalah personal maupun masalah yang dihadapi di lingkungan kerja.

Pada 2017, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korea, Park Neung Hoo, mengatakan bahwa kementeriannya akan membentuk tim untuk mengurangi intensitas bunuh diri dalam negeri tersebut. The Korea Herald melaporkan, Korea Selatan adalah salah satu negara dengan angka bunuh diri tertinggi, dengan jumlah rata-rata 37 kasus bunuh diri per hari pada 2015.

Namun, kasus Sulli menunjukkan bahwa perhatian mengenai bunuh diri dan kesehatan mengenai kesehatan mental masih perlu digalakkan di negara tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa publik masih harus belajar untuk tidak menyudutkan para selebriti lewat komentar-komentar mereka.

Selengkapnya, berikut kisah dan tekanan yang dihadapi oleh 4 selebriti perempuan Korea Selatan yang diduga menjadi penyebab kematian mereka yang dilansir Kumparan.

Sulli
Sulli, mantan idola K-Pop sekaligus aktris ini, meninggal dunia pada Senin (14/10). Sepanjang kariernya, mantan anggota girlband f(x) itu kerap harus berurusan dengan ujaran kebencian dari para haters. Komentar tajam terus dilontarkan lewat media sosial oleh mereka yang tak setuju dengan tindak-tanduk maupun cara Sulli menjalani hidup.

Beberapa komentar menyebutnya sebagai, ‘tukang cari perhatian’, ‘terlihat seperti pengguna narkoba’, juga mengatakan bahwa dia ‘seharusnya sudah tidak beraktivitas sebagai selebriti lagi’.

Pada 2014, Sulli sempat hiatus dari dunia hiburan akibat komentar jahat dan aneka rumor yang berkembang mengenainya. Sekitar Juni tahun ini, sang aktris juga sempat tampil di acara ‘A Night of Hate Comments’ untuk membicarakan mengenai aneka komentar jahat yang dihadapinya. Namun, ketika itu, bintang film ‘Real’ itu tampak santai menanggapi aneka rumor mengenainya.

Meski demikian, netizen telah ramai memperbincangkan soal bagaimana komentar jahat telah merenggut nyawa Sulli. Mereka berpendapat, cyber bullying yang dilakukan oleh para haters telah menyudutkannya terlalu jauh.

Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon
Jang Ja Yeon

Kematian Jang Ja Yeon adalah salah satu kasus bunuh diri aktris Korea Selatan yang paling banyak dibicarakan. Sebab, aktris yang mengakhiri hidupnya pada 2009 ini diketahui meninggalkan surat wasiat yang membongkar praktik gelap di dunia hiburan.

Aktris yang sempat berperan dalam serial ‘Boys Before Flowers’ ini dikabarkan menulis bahwa ia pernah dipaksa oleh kepala agensinya untuk berhubungan seks dengan puluhan orang, termasuk dengan pegawai negeri berpangkat tinggi, jurnalis, juga produser drama. Namun, nyaris tak ada satupun dari orang-orang ini yang mendapatkan hukuman setelah kematian Jang Ja Yeon. Kasus ini pun mengundang amarah dari publik Korea Selatan.

Meski sempat terombang-ambing selama sembilan tahun, investigasi mengenai kasus Jang Ja Yeon kembali dibuka pada akhir Mei 2018. Hingga kini, pihak berwenang masih terus berusaha mengusut kebenaran di balik kematian sang aktris.

Choi Jin Shil

Choi Jin Shil
Choi Jin Shil

Choi Jin Shil, aktris populer Korea Selatan, mengakhiri hidupnya pada 2008. Berdasarkan keterangan Yang Jae Ho, kepala penyelidik di Kantor Kepolisian Seocho, sang aktris mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

“Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa tak ada bekas trauma fisik pada tubuhnya, sehingga kami menyimpulkan bahwa ini adalah kasus bunuh diri,” ungkap Yang Jae Ho.

Saat itu, tak ada surat wasiat yang ditemukan. Namun, sang aktris sempat mengirimkan pesan kepada asistennya untuk menjaga anak-anaknya.

Sebelum kematiannya, Choi Jin Shil diketahui sempat mengalami beberapa masalah dalam hidupnya. Ia pernah menerima kekerasan fisik dari mantan suami yang bercerai dengannya pada 2002. Choi Jin Shil juga diketahui sering merasa khawatir soal cara membesarkan anaknya, juga mengenai masa depannya sebagai aktris.

Selain itu, sempat berkembang pula kabar bahwa ia menyebabkan kematian dari teman dekatnya, aktor Ahn Jae Hwan. Meski begitu,sang aktris telah membantah kabar yang menyebutkan ia menyebabkan Ahn Jae Hwan tewas setelah meminjamkan uang dan memaksanya membayar utang.

Jeon Mi Sun

Jeon Mi Sun
Jeon Mi Sun

Pada 29 Juni 2019, aktris Korea Selatan, Jeon Mi Sun ditemukan tewas dalam sebuah hotel di Jeonju, Korea Selatan. Aktris yang telah berkarier sejak 1990 ini ditemukan dalam kondisi tidak sadar, tak bernapas, juga tak memiliki detak jantung. Polisi pun melakukan penyelidikan dengan asumsi bahwa ada kemungkinan ia melakukan bunuh diri.

Tak lama setelahnya, agensi sang aktris, Boas Entertainment, mengumumkan bahwa Jeon Mi Sun meninggal pada usia 50 tahun (menurut perhitungan Korea Selatan).

“Selama ini, dia menjalani pengobatan untuk depresi. Namun, kami harus menyampaikan berita duka hari ini,” tulis agensi tersebut, seperti dikutip Soompi.

The Star Malaysia melansir, sang aktris Korea Selatan tersebut juga sempat menghubungi sang ayah sebelum mengakhiri hidupnya. Pemeriksaan polisi juga menunjukkan bahwa beberapa hal memengaruhi emosi Jeon Mi Sun, seperti kondisi kesehatan ibunya dan kepergian salah satu sanak saudaranya. (red)