Lingkungan Hot Spot Bersih dari Wilayah Rohul

Hot Spot Bersih dari Wilayah Rohul

3
BERBAGI
Ilustrasi

PASIRPANGARAIAN, Tribunriau- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu (Rohul) memastikan titik api di wilayah kerjanya sudah bersih, Rabu (30/7/14),

Beberapa hari sebelum memasuki perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, pihak Polres dan BPBD Rohul mendeteksi 24 titik api tersebar di lima kecamatan. Puluhan titik api itu diantaranya ditemukan di Kecamatan Rokan IV Koto dan Bonaidarussalam.

“Sampai hari ini (Rabu, red), titik api sudah zero,” kata Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana via selulernya, Rabu (30/7/14) malam.

Untuk memadamkan 24 titik api di lima kecamatan, tim BPBD Rohul dibantu sekitar 240 personil Polres Rohul dan anggota TNI, serta masyarakat. Namun demikian, dinas terkait di lingkungan Pemkab Rohul disayangkan tidak terlihat.

Aceng, sebelumnya, mengungkapkan untuk memadamkan titik api di Rokan IV Koto, pihaknya menurunkan armada pemadam kebakaran ke lokasi. Sedangkan di daerah lain, petugas terpaksa melakukan secara manual.

Selama Idul Fitri di hari pertama sampai hari ketiga, petugas dari BPBD, Polres Rohul dan TNI bekerja keras untuk memadamkan titik api. Pihak BPBD Provinsi Riau juga menjatuhkan sedikitnya 26 bom air di 24 titik kebakaran. Kerja keras petugas baru terlihat di hari ketiga Lebaran.

Aceng mengakui proses pemadaman terkendala peralatan. Sebab itu pihaknya berharap turun hujan. Namun, sampai api padam, hujan tidak kunjung turun. (rtc)