Kesehatan Hasil Evaluasi PPKM, Jumlah Kasus Covid-19 di Rupat Menurun

Hasil Evaluasi PPKM, Jumlah Kasus Covid-19 di Rupat Menurun

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Hasil evaluasi di beberapa Pos PPKM yang tersebar, kasus Covid-19 di
di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis mengalami penurunan yang signifikan.

Demikian disampaikan Kapolsek Rupat, AKP Syaidina Ali, SH di sela-sela acara pengecekan alat di Pos PPKM yang ada di Rupat, Selasa (14/9).

“Mulai dari 1 sampai 2 orang, naik ke bulan Mei, kemudian bulan Juni turun kembali, bulan Juli naik lagi, bulan Agustus turun sedikit, sampai saat ini mulai turun sangat signifikan,” ujar Kapolsek yang saat itu juga turun bersama Camat Rupat, Satpol PP, Danramil, perwakilan Dinkes serta BPBD.

Namun demikian, lanjut Kapolsek, perkembangan covid tergantung kesadaran masyarakat akan prokes, jika masyarakat disiplin, tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan, namun jika sebaliknya, otomatis akan naik.

“Mudah-mudahan sampai saat ini kita sudah berusaha untuk mengurangi kegiatan-kegiatan yang sifatnya berkerumunan seperti kegiatan pemuda untuk berolahraga, pertandingan-pertandingan, mungkin juga kita menghimbau kepada masyarakat kita yang ada pesta agar melaksanakan kegiatannya dengan protokol kesehatan, sehingga saat ini sangat betul-betul menurun,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, jumlah pos PPKM yang ada di Rupat berdasarkan desa ada 12, kelurahan ada 4, kecamatan ada 1, berarti sudah 17, ditambah lagi nanti tingkat RT, tingkat RT ini biasanya kalau sudah ada 3 orang dalam satu RT yang terpapar, kita akan laksanakan untuk membuat PPKM tersendiri yang dikelola oleh RT, Bhabinsa, diawasi oleh Bhabinkamtibmas dan pihak kelurahan atau desa.

Di sisi lain, Camat Rupat, Muhammad Rusydy MR.S. STP, MSi menyampaikan keterangannya melalui sekertaris kecamatan Rupat Muhammad Zaky Nasrulhad S.STP mengatakan saat ini Bengkalis pada posisi level 3 untuk PPKM.

“Bengkalis masih peringkat 2 dari Riau, artinya masih tinggi, itu untuk kabupaten, tapi untuk kita kecamatan Rupat mengikuti status di kabupaten level 3,” ujarnya.

“Untuk evaluasinya kita tetap melaksanakan penegasan kepada masyarakat terkait dengan protokol kesehatan, kita selalu patroli, setiap orang yang melintas di depan posko apakah dia memakai masker atau tidak, jika tidak memakai masker kita berikan masker gratis dan himbauan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan lain-lain,” tambahnya.

Penanganan covid di Rupat ini, lanjutnya, pihaknya akan bersinergi dengan TNI Polri dibantu dengan satpol PP dan BPBD serta instansi terkait lainnya seperti puskesmas untuk penanganan prokes di kecamatan Rupat.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Iskandar Zulkarnain