Semesta Riau Gubri Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Gubri Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

5
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Gubernur Riau, Minggu (1/10) berjalan lancar dan hikmad. Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman bertindak sebagai inspektur upacara. Pada upacara ini, juga dibacakan ikrar Aparatur Sipil Negara (ASN) tentang kesetiaan terhadap Pancasila.

Dalam arahannya gubernur Riau berharap sejarah dari hari kesaktian Pancasila bisa diambil hikmahnya oleh seluruh ASN Pemprov Riau. Karena menurutnya banyak pengorbanan yang sudah dilakukan yang terkandung dalam sila Pancasila.

Gubri menguraikan falsafah yang terkandung dalam dasar-dasar Pancasila. Dimana, tujuan bernegara harus dimulai dengan ketuhanan, saling menghormati seperti terkandung dalam sila kedua untuk persatuan Indonesia.

“Falsafah dari bangsa Indonesia untuk memulai dan mencapai tujuan akhir bernegara dimulai dengan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradap, persatuan Indonesia dan harus mencapai keadilan bagi rakyat Indonesia. Jika ini dimaknai masyarakat, apalagi ASN secara keseluruhan, Indonesia akan maju dan aman,” ujar gubri.

Dia menambahkan, jika ASN dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam dirinya, maka dalam menjalankan tugas untuk melayani masyarakat dapat berjalan maksimal.

Untuk diketahui, upacara Hari Kesaktian Pancalisa yang diperingati setiap 1 Oktober ini dilaksanakan di seluruh provinsi dan kabupaten se-Indonesia sesuai instruksi Pemerintah Pusat melalui Mensesneg RI.(Tn)