Olahraga Gebyar HUT RI 74,Riau Ultra Run Merdeka, 78 Km *Pertama di Riau,...

Gebyar HUT RI 74,Riau Ultra Run Merdeka, 78 Km *Pertama di Riau, Start di Rumah Lontiek Kampar

BERBAGI

BANGKINANG Kota (TRIBUNRIAU.COM)- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Kampar pada tahun ini akan spesial. Kurang dari 17 hari ke depan, akan digelar iven ultra run pertama di Riau bertajuk Riau Ultra Merdeka Run. Iven lari jarak jauh ini akan mengambil garis Start dari Rumah Lontiok tertua di Kampar, di Desa Kuok, melintasi Jalan Lintas Riau – Sumatera Barat dan Finish di Kantor Gubernur.
Kegiatan ini diselenggaran oleh sejumlah Komunitas lari di Riau yang dinisiasi Mantan Ketua KPU Riau Nurhamin. Nurhamin yang langsung bertindak menjadi Ketua Pelaksana menyebutkan, iven ini akan menjadi sejarah baru bagi Riau dengan iven Ultra Run, sebuah iven lomba kategori lebih 50 km. Butuh ketahanan fisik tinggi, Nurhamin mengambil semangat HUT RI sebagai bentuk perjuangan para peserta yang akan berlari sepanjang 78 km nantinya.
”Kami memilih HUT RI tahun dengan misi bagaimana kita merayakan kekuatan yang kredibel, untuk menunjukkan kepada publik bersedia melakukan lari 78 km, ultra meraton. Kami melakukan ini dengan niat sosialisasi bagaimana merah putih yang kami bawa nanti dari Kuok lalu Finish di Pekanbaru. Start di rumah lontik Riau di Kuok, lalu Finish di Kantor Gubernur Riau,” sebut Nurhamin yang putra asli Kampar ini.
Kegiatan ini sendiri sudah mendapat lampu hijau dari Kepolisian. Nurhamin bersama sejumlah perwakilan komunitas lari di Riau sudah melakukan Technical Meeting bersama Kapolres Kampar dan sejumlah jajarannya, Rabu (31/7) pagi. Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira sendiri menyatakan pihaknya siap ikut menyukseskan acara. Apalagi ini menurutnya juga akan menjadi ajang promosi daerah Kampar. Karena start di rumah adat tradisional Kampar di Kuok.
”Kami dukung dari segi keamanan. Kami ingin memastikan kesuksesan acara tersebut lewat keamanan peserta. Kami sudah sediakan personil dan akan menjaga lewat beberapa Polsek yang berada di sepanjang jalur. Setidaknya ada Polsek Tambang dan Polsek Kampar. Yang ingin kami pastikan adalah keselamatan peserta, karena ini merupakan jaur lintas barat dan situasinya pada malam hari,” sebut Kapolres.
Nurhamin menyebutkan, memang para pelari akan menghabis waktu berlari sebagian besar pada malam hari. Karena Riau Ultra Merdeka Run baru akan dimulai pada sore hari dan diperkirakan sampai di Kantor Gubernur pada pagi hari. Untuk jumlah peserta, Nurhamin menyebutkan, panitia untuk iven perdana ini akan membatasinya terlebih dahulu.
”Untuk peserta dibatasi 63 orang, 74 dengan tim kami. Itu waitingnya list banyak. Mungkin untuk tahun depan akan lebih banyak dan lebih ok. Selain dari komunitas lari yang ada di Riau, untuk iven pertama ini juga akan dihadiri komunitas lari dari Sumatera Barat, Batam, Jakarta dan Bali. Selain memeriahkan hari kemerdekaan, kami juga bertujuan promosi wisata. Riau saat ini sedang mencanangkan berbagai program wisata, kami ingin ikut paritisipasi di dalamnya,” tutup Nurhamin. (Shm)