Ekonomi Diduga Terbuat dari Plastik Disperindah Pekanbaru Amankan Beras

Diduga Terbuat dari Plastik Disperindah Pekanbaru Amankan Beras

9
BERBAGI

PEKANBARU Tribunriau – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mengamankan beras yang diduga terbuat dari plastik Jumat (19/6/2017) kemarin. Warga diminta untuk berhati-hati terhadap penemuan Disperindag tersebut.

Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman mengatakan pihaknya Jumat lalu telah turun ke lapangan untuk mengecek keberadaan beras yang diduga mengandung plastik.

“Kita mendapat informasi dari kawan-kawan media juga kok. Nah lokasinya itu di Panam sana tepatnya di jalan SK,” ujarnya Senin (19/6/2017).

Atsas kecurigaan tersebut pihaknya  membeli 1 karung beras berisi 10 Kg  dan 1 Kg beras eceran merek B.

“Setelah kami memeriksa kondisi fisik beras sekilas warna dari beras yang ditemukan memang berbeda dengan beras biasa. Lebih putih dan mengkilat. Selain itu ketika direndam ke dalam air ditemukan beberapa butir beras mengapung,” jelas Irba.

Selain itu dikatakan Irba ada perbedaan antara beras eceran dan juga beras yang dibeli di dalam karung berisi 10 Kg. “Kalau yang eceran beras nampak biasa hanya saja banyak yang patah. Tapi kalau yang di karung memang lebih putih bedalah dengan beras biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Irba pihaknya hari ini akan membawa beras tersebut ke BPOM. “Kita kan masih hanya sekilas melihat. Untuk pastinya akan kita cek di lab BPOM,” terangnya.

Untuk itu Irba mengimbau warga untuk berhati-hati membeli beras agar tidak sampai membeli yang palsu.

“Cek berasnya kalau dorasa mencurigakan tidak usah beli. Cari yang kira-kira tidak mencurigakan,karena efek beras plastik ini sangat tidak bagus untuk kesehatan,” imbaunya. (net)