Politik Di Akhir Masa Jabatan, DPRD Rohil Sahkan 7 Perda

Di Akhir Masa Jabatan, DPRD Rohil Sahkan 7 Perda

BERBAGI

ROHIL, tribunriau – Menjelang akhir masa jabatan, DPRD kabupaten Rokan Hilir menyetujui 7 (tujuh) rancangan peraturan Daerah (Ranperda) pada rapat paripurna yang digelar, digedung DPRD Rohil Batu enam Bagansiapiapi, kamis (12/9/19). Untuk diketahui masa jabatan anggota DPRD Rohil priode 2014 – 2019 akan berakhir pekan ini. Seiring dengan pelantikan anggota DPRD priode yang baru, senin (16/9/19).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Nasrudin Hasan, hadir dari eksekutif Bupati Rohil H. Suyatno dan wakil Bupati Drs. Jamiludin.

Rapat paripurna penyampaian Laporan pembahasan rancangan peraturan Daerah ( Ranperda) oleh empat pansus pembahasan DPRD kabupaten Rokan Hilir yang sudah menunjukan juru bicaranya : pansus 1 (H. Dodi saputra), pansus 2 (H. Bachtiar), pansus 3 (H. Yunadi), pansus 4 (H. Sunadi).

Kehadiran anggota Dewan yang diumumkan oleh sekretaris DPRD dari 41 orang anggota yang menandatangani Daftar hadir sejumlah 33 orang , sesuai pasal 121 (Ayat) 1 huruf b peraturan DPRD kabupaten Rokan Hilir nomor 1 Tahun 2018 tentang tata tertib, Quorum forum sudah tercapai dan rapat sudah dapat dimulai .

Tepat pukul 23.5 selaku pimpinan rapat, membuka acara paripurna Dewan ke – 13 masa persidangan ke – III Tahun 2019 malam kamis tanggal 2019 .

Pembahasan atas 16 (enam belas) rancangan peraturan Daerah kabupaten Rokan Hilir oleh pansus pembahasan yang dibentuk dan ditetapkan dengan surat keputusan DPRD kabupaten Rokan Hilir Nomor : 6 Tahun 2019 Tanggal 7 september Tahun 2019 , sesuai pasal 10 peraturan DPRD kabupaten Rokan Hilir Nomor 1 Tahun 2018 tentang tata tertib, rancangan perda tersebut telah melalalui tahapan proses pembahasan / pembicaraan yang dilakukan oleh DPRD melalui panitia Khusus pembahasan yang ditetapkan dengan surat keputusan DPRD kab. Rohil nomor KPTS.6 Tahun 2019 tanggal 07 Desember Tahun 2019 bersama dengan pihak pemerintah Daerah .

Dari ke – 16 Ranperda tersebut ada yang sudah dilaporkan pada rapat pari purna sebelumnya.pada kesempatan malam ini kembali empat pansus akan menyampaikan laporan pembahasanya.

Adapun rancangan peraturan Daerah yang akan disampaikan laporan pembahasanya antara lain Ranperda Tentang :

1.Rancangan peraturan Daerah tentang perubahan peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan organisasi perangkat Daerah (pansus I)

2.Zakat (pansus II)

3.pedoman pembentukan, pembubaran, pengelolaan Badan usaha milik kepenghuluan dan badan usaha milik kepenghuluan Bersama serta pernyataan modal pemerintah kepenghuluan pada badan usaha milik kepenghuluan dan badan usaha milik kepenghuluan bersama (pansus II)

4.perubahan perturan Daerah Nomor 15 Tahun 2012 tentang retrebusi pelayanan Tera / tera ulang (pansus III)

5.pencegahan dan perdagangan oran (pansus III)

6.pengarustamaan Gender (pansus (III)

7.madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) kabupaten Rokan Hilir (pansus III)

Usai sidang Bupati Rohil H. Suyatno mengatakan, tadi masing – masing pansus sudah menyampaikan Ranperda, alhamdulillah ketujuhnya sudah disahkan, mudah – mudahan setelah disahkan ini bisa berjalan dengan baik.

” Kami memberikan apresiasi kepada DPRD Rohil, diantara teman – teman yang hadir malam hari ini, mungkin ada sebagian pada akhir jabatan tidak lagi posisinya sebagai anggota Dewan tentu ada kesedihan dihati kita, karena bukan berpisah untuk selamanya, hanya untuk sesaat saja dan kita Doakan, baik yang meninggalkan gedung ini maupun yang masuk, kita Do’akan dalam keadaan sehat walafiat,” ujar suyatno.

Selanjutnya ketua DPRD Nasrudin Hasan mengatakan, Tujuh ranperda yang kita sahkan termasuk Ranperda yang paling mengelisahkan , orang timbang sawit itu tidak pernah di cek timbanganya, jadi nanti kita berharap pemerintah Daerah membentuk Tim satpol PP dan bagian metrologi turun kesetiap penjualan sentra sawit dan periksa timbanganya.

Harap Nasrudin, Dengan adanya perda tera ini, mudah -mudahan bisa membantu masyarakat banyak, khusususnya petani.

” Kami mengucapkan selamat berpisah diakhir jabatan kami ini ,sebagai warga dan masyarakat tentu kita ingin kabupaten Rokan Hilir ini jaya dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Suyano,” ujar Nasrudin Hasan. (hen)