Dana Hibah Madrasah di Rohul Tunggu Perda Pendidikan Islam

0
Bupati Rohul Sukiman, foto bersama saat menghadiri HSN tingkat Kabupaten
Bupati Rohul Sukiman, foto bersama saat menghadiri HSN tingkat Kabupaten

ROKAN HULU, Tribun Riau- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman mengatakan saat ini Pemkab Rohul tetap komitmen mendukung lembaga pendidikan Islam yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Hanya saja, Kata Bupati Sukiman, dengan adanya aturan dari Menteri Dalam Negeri soal dana hibah, maka Pemkab Rohul tidak bisa gelontorkan dana APBD Rohul tiga tahun terakhir bagi madrasah yang ada.

Disebutkan Bupati Sukiman, bahwa bantuan hibah bagi madrasah baru bisa direalisasikan setelah Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Islam disahkan oleh DPRD Rohul, sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh dana hibah bersumber dari dana APBD.

“Saat ini, Perda tengah dalam proses. Berharap tahun 2019 sudah bisa disahkan DPRD Rohul. Meskipun tidak bisa dianggarakan di APBD murni 2019, kita akan perjuangkan dana hibah bisa direalisasikan di APBD Perubahan 2019,” janji Bupati Rohul Sukiman kemarin, di Pasir Pangaraian.

Kemudian, selain dana hibah untuk madrasah, untuk peringatan HSN IV Tingkat Provinsi Riau yang rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Rohul, Bupati Sukiman sangat menginginkan peringatan tersebut lebih meriah dibanding tahun ini.

Lalu, agar HSN IV Tingkat Provinsi Riau meriah, Bupati Sukiman‎ berharap, Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Rohul berkoordinasi dengan Kementrian Agama (Kemenag), untuk persiapan dan rencana anggaran yang diperlukan.

Sebut mantan Dandim di Kabupaten Indragiri Hilir, dirinya berpesan ke seluruh lembaga pendidikan Islam agar tanamkan wawasan kebangsaan kepada santri atau satriwatinya. Hal itu dibutuhkan untuk membentengi anak dari perkembangan teknologi yang semakin pesat dan pengaruh budaya asing.

“Karena selain ilmu agama, santri dan santriwati juga harus ditanamkan wawasan kebangsaan agar mereka lebih mencintai tanah air dan terhindar dari pengaruh negatif teknologi serta pengaruh budaya asing,” harap Bupati Sukiman.

Sikapi hal itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rohul, Drs. H. Syahrudin MSy, mengucapkan terima kasih ke Bupati Rohul yang telah mengakomodir Perda Pendidikan Islam sebagai syarat mendapatkan dana hibah dari APBD Rohul.

Kata Syahrudin, bahwa Perda Pendidikan Islam setahun lalu telah disampaikan ke DPRD Rohul. Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, telah menyurati Kemenag Rohul untuk menggarap Perda MDTA, namun Perda tersebut dianggap belum sempurna.

Syahrudin menyatakan, Perda MDTA sudah mendapat lampu hijau dari Pemkab Rohul. Ia mengharapkan Perda tersebut bisa segera disahkan DPRD Rohul. (mad)