Nasional Bobby Cek Persiapan Lokasi Sentra Vaksin Demi Kejar Target Vaksinasi di Medan

Bobby Cek Persiapan Lokasi Sentra Vaksin Demi Kejar Target Vaksinasi di Medan

BERBAGI

Jakarta

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau persiapan lokasi yang bakal jadi sentra vaksinasi COVID-19 di Medan, Sumatera Utara. Bobby mengaku hal ini dilakukan untuk mengejar target vaksinasi di Kota Medan.

Bobby bersama rombongan mengecek lokasi itu tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Medan Petisah, Rabu (22/9/2021) malam. Menggunakan lampu penerang seadanya, Bobby mengecek tenda-tenda yang telah didirikan untuk dijadikan sentra vaksinasi berikut kamar mandinya.

Di dalam tenda, masih terlihat kosong. Belum ada peralatan serta barang apapun di tempat itu. Kata Bobby, program ini merupakan kolaborasi antara Pemko Medan dengan Rumah Sehat.

“Rencana awalnya ini akan dilakukan untuk isoter (isolasi terpusat) di mana rencana ini direncanakan ketika kasus COVID-19 di Kota Medan masih tinggi. Kemarin, bersamaan dengan kedatangan kapal yang ada di Belawan, ini juga rencananya kemarin mau di buka. Namun, memang ada beberapa point yang belum bisa kita laksanakan waktu itu, jadi belum bisa dilakukan pembukaan isoter,” sebut Bobby.

Bobby mengatakan kasus COVID di Medan saat ini sudah turun. Dengan demikian, tempat yang telah disediakan untuk isoter disulap menjadi sentra vaksinasi.

“Oleh karena itu tempat yang disediakan oleh Rumah Sehat yang tadinya mau digunakan untuk isoter karena kebutuhan isoter bed nya masih banyak namun bangunan yang sudah disiapkan tetap kita pertahankan untuk melaksanakan sentra vaksinasi. Jadi diubah yang tadinya untuk isoter jadi tempat vaksinasi,” ucap Bobby.

Bobby menyebut walau dirinya akan menyediakan sentra vaksinasi kembali. Kegiatan vaksinasi di setiap kecamatan terus digalakkan. Hal ini dilakukan untuk gerak cepat memenuhi target yang telah ditentukan.

“Mudah-mudahan vaksinasi yang kita lakukan yang skala mikro di kecamatan dan di puskesmas kita tetap lakukan. Sentra-sentra vaksinasi massal juga kita lakukan untuk mempercepat target vaksinasi kita,” ucap Bobby.

Kasus Aktif COVID-19 di Kota Medan di Bawah 100

Selain itu, Bobby menyebut untuk kasus terkonfirmasi di Kota Medan menurun. Bobby mengatakan per hari ini, hanya 97 kasus terkonfirmasi di Kota Medan.

“Kasus COVID di Kota Medan hari ini Alhamdulillah turun, kasus per hari ini terkonfirmasi kita 97 kasus dengan positifity rate kita itu ada di sekitar 7 persen. Memang masih di atas sedikit dari standar WHO itu adalah 5 persen. Kita masih mengejar,” sebut Bobby.

Bobby bakal terus berupaya menangani COVID di Kota Medan. Dia pun terus menggencarkan program 3 T.

“Bagaimana penanganan COVID ini terus kita lakukan di Kota Medan dengan penerapannya tentunya dari level 4 jadi level 3. Pada level 3 ini kita tekankan ke depannya adalah tracing dan testing. Ini yang masih kita koreksi terus-menerus untuk bisa diperbaiki,” ucap Bobby

Selain itu, treatment pun terus diperbaiki oleh Bobby ke depannya. Serta tak kalah penting yakni program vaksinasi kepada masyarakat.

“Yang paling penting dari semua ini juga adalah vaksinasi. Vaksinasi di Kota Medan ini harus bisa dikebut lagi. Vaksin kita hari ini sudah ditambah lagi, kemarin ada 60 ribu dosis. Hari ini 100 ribu lebih dosis kita,” sebut Bobby.

(eva/eva)

Sumber: DetikNews