Ekonomi Yuhelmi Dukung Kades Junaidi Jadikan Desa RL Jadi Desa IT

Yuhelmi Dukung Kades Junaidi Jadikan Desa RL Jadi Desa IT

BERBAGI

Bengkalis (Bantan), Tribunriau – Dengan tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi mendukung upaya Kepala Desa (Kades) Resam Lapis (Rela), Kecamatan Bantan untuk segera mewujudkan pelayanan berbasis elektronik dan informasi alias Desa IT.

Hal itu disampaikan Yuhelmi menanggapi keinginan Kades Resam Lapis Junaidi, pada acara peresmian Usaha Depot Air Minum Tirta Rela, milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mulia Jaya Abadi, Kamis (08/04/21).

“Kami menyambut baik keinginan pak kades yang ingin menjadikan Desa Resam sebagai desa IT. Karena ini sebuah inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,”kata Yuhelmi.

Dilanjutkannya, saat ini di Kabupaten Bengkalis, baru ada satu desa digital atau desa IT untuk memudahkan pelayanan administrasi, yakni, Desa Sepotong, Kecamatan Siak Kecil. Desa IT di Desa Sepotong ini, diresmikan pada akhir Februari lalu oleh Penjabat Bupati Bengkalis Syahrial Abdi.

Kehadiran Desa IT ini, memberikan kemudahan kepada masyarakat. Karena masyarakat yang ingin berurusan untuk membuat surat maupun dokumen lainnya, cukup mendapatkan dari rumah melalui android. Tinggal tekan fitur-fitur yang tersedia, lantas surat bisa langsung diproses. Hanya saja, untuk pengambilan dokumen diurus, tentu masyarakat harus datang mengambil langsung ke kantor.

“Oleh karenanya kami tantang Kepala Desa Resam Lapis, kiranya pada tahun 2021 ini dapat mewujudkan Desa Digital atau Desa IT,”ucap Yuhelmi .

“Kami juga memberikan apresiasi, atas inovasi yang diprakarsai oleh Kepala Desa Resam lapis dan jajarannya, dalam menggali seluruh potensi yang ada. Seperti menggali potensi pengolahan depot air minum. Kemudian pengembangan pangan, melalui upaya penanaman talas Meksiko di lahan tidur,”tutup Yuhelmi.(jlr/disk).