Nasional Strategi Ancol Utamakan Kenyamanan Saat Libur Lebaran

Strategi Ancol Utamakan Kenyamanan Saat Libur Lebaran

5
BERBAGI
JAKARTA, Tribunriau – Walaupun libur Lebaran telah usai, masih banyak anak-anak yang libur sekolah. Hal ini membuat banyak orangtua memanfatkan waktu dengan anak untuk menghabiskan liburan bersama. Sebagian meminjam cuti, sebagian lagi memanfaatkan akhir pekan.

Bila Anda ingin membuat momen liburan tahun ini lebih seru, datang saja ke Taman Impian Jaya Ancol. Selain mendapatkan keseruan, Anda sekeluarga bisa berlibur dengan nyaman dan aman.

Pasalnya pihak pengelola kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol menerapkan sistem manajemen parkir yang baik. Selain itu, juga mengoptimalkan pengamanan di seluruh wilayah Ancol.

Tahun ini, diterapkan sistem parkir terpusat atau sentral parkir. Sistem parkir ini membuahkan alur lalu lintas yang lebih baik daripada tahun sebelumnya. Sebab Ancol juga menambahkan kantong parkir yang tersebar di seluruh area wisata Ancol.

Kapasitas sentral parkir dan kantong parkir saat hari H Lebaran hingga H+3 bisa menampung 14.000 mobil dan 20.000 motor.

“Mobil yang masuk per harinya saat itu hingga 12.000 mobil. Pasca-Lebaran, kami memberlakukan sistem parkir biasa dan tetap bisa menampung pengunjung yang masih liburan,” ujar Wakil Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Agus Sudarno saat press conference di Pos Pengamanan Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (4/7/2017).

Meskipun jumlah pengunjung tahun ini meningkat, pihak pengelola Ancol tetap dapat melakukan pengelolaan manajemen lalu lintas dan parkir yang cukup kondusif. Di samping itu, pengamanan yang dibantu oleh kepolisian sangat efektif serta dapat meningkatkan rasa aman saat melakukan rekreasi di Ancol.

Strategi Ancol Utamakan Kenyamanan dan Keamanan Saat Libur Lebaran(Kiri ke kanan) Kombes Pol Dwiyono SIK.MHI, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol C Paul Tehusijarana, dan Wakil Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol Agus Sudarno / Foto: dok. detikcom
“Jumlah pengunjung Ancol pada pekan Lebaran tahun ini meningkat. Dari hari H Lebaran sampai dengan H+7 mengalami peningkatan sekitar 26% hingga 27% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, C Paul Tehusijarana di kesempatan yang sama.

Dari segi keamanan, pengelola Ancol menyiapkan 1.100 personel keamanan gabungan yang menerapkan pendekatan humanis, tegas, dan terukur demi menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh area Ancol.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono dari yang turut hadir dalam press conferencetersebut menjelaskan, demi mengutamakan keamanan pengunjung Ancol, maka dibuat tim gabungan yang terdiri dari pengaman internal Ancol dan kepolisian.

Ia mengungkapkan, tim gabungan ini berhasil mencegah tindak kejahatan pada pekan Lebaran kemarin. Misalnya penangkapan terhadap aksi pemalakan sopir taksi online yang masuk melalui Gerbang Barat, mengamankan pelaku yang mengambil handphone di area toilet, menggagalkan aksi pencurian di Bus Wara Wiri, hingga mempertemukan anak yang terpisah dari orangtuanya.

Hal tersebut berhasil dilakukan oleh personel Polri, khususnya tim Tiger yang dibentuk oleh Kapolres Metro Jakarta Utara. Sedangkan pendekatan humanis oleh polisi wanita dilakukan dengan berinteraksi bersama para pengunjung.

“Dari hari H Lebaran sampai H+7, semua konsep pengamanan yang dibuat berhasil berjalan dengan baik. Perbaikan infrastruktur yang dilakukan pihak Ancol turut membantu kami melakukan rekayasa lalu lintas sebaik mungkin,” jelasnya.

Data kriminalitas yang terjadi tahun ini di Ancol juga berkurang. Tahun sebelumnya tercatat sebanyak 120 kejadian kriminal yang terjadi. Di tahun ini hanya ada 20 kejadian yang tercatat.

“Pasca-Lebaran, kami memantau Ancol secara situasional. Misal saat weekend dimonitor oleh wakapolsek dan jajarannya. Bila memang diperlukan, kami akan menambah personel,” katanya.

Dalam rangka memeriahkan libur Lebaran 2017, Taman Impian Jaya Ancol menyediakan berbagai atraksi dan hiburan sampai liburan sekolah berakhir. Ada wahana baru The Mysterious Island dan atraksi Kura-Kura Ninja yang didatangkan dari Amerika. Anda bisa menyaksikannya hingga akhir Juli nanti.

Selain itu, pengunjung Atlantis Water Adventure berkesempatan membawa pulang 1 unit sepeda motor sampai akhir Juli. Bagi Anda yang gemar dengan biota laut, datang saja ke Seaworld Ancol karena ada gurita raksasa yang didatangkan dari Jepang.

Anda juga masih bisa mendapatkan tiket promo bundling. Dengan membeli tiket Dufan, otomatis Anda akan memperoleh tiket Seaworld Ancol serta gratis masuk ke Dufan selama setahun (annual pass). (Tri 001)