Lingkungan Ribuan Pelajar Ikuti HCTPS Sedunia di Dumai

Ribuan Pelajar Ikuti HCTPS Sedunia di Dumai

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau-
Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai menggelar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se-dunia dan sikat gigi massal tahun 2015 di Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Soebrantas, Kamis (15/10) kemarin.

Kegiatan yang secara resmi dibuka Pj Walikota Dumai Drs H Arlizman Agus MM diikuti ribuan pelajar kota Dumai. Adapun Tema nasional peringatan tahun 2015 adalah “Tangan Bersih Pangkal Sehat”. Hal tersebut mengingatkan betapa pentingnya kebersihan tangan untuk menciptakan hidup yang sehat.

Menurut Penjabat Walikota Dumai, hari cuci tangan pakai sabun se-dunia ini untuk mengingatkan bahwa  betapa pentingnya kebersihan dalam mewujudkan masyarakat sehat. 

“Melaui tema tersebut, saya mengajak kepada segenap lapisan masyarakat, terutama anak-anak kelompok usia sekolah yang pada hari ini melaksanakan kegiatan cuci tangan pakai sabun dan gosok gigi secara massal, untuk benar-benar melakukan kebiasaan yang baik ini mulai dari sekarang sampai seumur hidup kita,” katanya.

Dijelaskan Arlizman Agus, cuci tangan pakai sabun merupakan prilaku sehat yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular seperti diare, ISPA, flu burung serta bermacam-macam penyakit kulit. Oleh karenanya, penting untuk menyampaikan pesan cuci tangan pakai sabun sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut lebih luas.

Masyarakat maupun tenaga professional yang melakukan aktifitas yang bersinggungan langsung dengan area sumber penyakit seperti, rumah Sakit, Pasar, wilayah perbatasan laut, darat, udara dan pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan adalah merupakan kelompok yang memiliki resiko tinggi untuk terpapar dan tertular penyakit, sehingga perlu menjadi fokus dalam penyampaian pesan-pesan CTPS. Masyarakat menyadari bahwa tujuan pembangunan kesehatan tidak akan dapat dicapai hanya dengan upaya dari sektor kesehatan saja.

“Oleh karenanya, dalam kesempatan yang baik ini saya mengharapkan kepada semua pihak untuk lingkungan pemerintah Kota Dumai secara lintas sektoral, baik itu dari organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi akademisi dan badan-badan terkait serta para mitra pemerintah, marilah dengan semangat kemitraan yang berimbang kita selenggarakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan,” harapnya sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya menyelenggarakan kegiatan ini sehingga tuntas dan sukses hendaknya.

Ketua Panitia hari CTPS se-Dunia Kota Dumai yang juga Kepala Dinkes Kota Dumai H. Faisal Skm.Mars  mengatakan, bahwa hari CTPS yang diperingati setiap tahun dan tepatnya tanggal 15 Oktober, dalam rangka untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

“Acara peringatan HCTPS ini merupakan bukti komitmen kita untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, khususnya bagi anak-anak,” katanya.

Menurut Faisal, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-dunia tahun 2015 penting sangat untuk menanamkan perilaku sehat dan bersih bagi anak-anak mulai dari kecil. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah perilaku sehat yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular, seperti Kecacingan, Diare, ISPA dan penyakit menular lainnya.

Membudayakan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun bagi kalangan masyarakat,  akan menyelamatkan hidup anak-anak generasi penerus bangsa dari berbagai penyakit menular.

“Oleh karena itu, marilah kita ajak teman-teman kita dan masyarakat di sekitar kita untuk ikut mempraktekkan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun di rumah , di sekolah, dan di tempat-tempat umum dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. (ars)