Internasional Respon Qatar Atas 13 Tuntutan

Respon Qatar Atas 13 Tuntutan

BERBAGI

QATAR, Tribunriau – Pemerintah Qatar telah memberikan respons atas daftar 13 tuntutan yang diajukan Arab Saudi dan sekutu-sekutu Arab-nya untuk memperbaiki hubungan. Saudi cs pun akan menggelar pertemuan di Mesir untuk membahas respons Qatar tersebut. 

Para menteri luar negeri dari empat negara yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar: Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir akan menggelar pertemuan di Kairo, Mesir hari Rabu ini untuk membahas respons Qatar. Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Than pada Senin (3/7) waktu setempat telah menyerahkan respons resmi kepada Kuwait, yang menjadi mediator krisis ini. Namun tidak disebutkan secara detail bagaimana respons Qatar atas tuntutan-tuntutan Saudi cs.

Namun kepada para wartawan, Sheikh Mohammed mengatakan bahwa daftar tuntutan dari keempat negara tersebut adalah tidak realistis dan tak bisa dilakukan. “Itu bukan tentang terorisme, itu tentang membungkam kebebasan berbicara,” cetus Sheikh Mohammed seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (5/7/2017).

Daftar 13 tuntutan Saudi cs termasuk penutupan Al-Jazeera, penghentian dukungan Qatar pada kelompok Ikhwanul Muslimin, pengurangan hubungan diplomatik dengan Iran dan penutupan sebuah pangkalan militer Turki di Qatar.

Ditegaskan Sheikh Mohammed, pemerintah Qatar tengah mengupayakan solusi untuk krisis ini lewat dialog. “Pemerintah Qatar telah mengadopsi sikap yang sangat konstruktif sejak awal krisis ini. Kami berupaya untuk bertindak dewasa dan membahas masalah ini,” imbuhnya.

Saudi cs kompak memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar sejak awal Juni lalu. Negara-negara itu menuding Qatar mendukung terorisme dan melunak pada agenda-agenda Iran, musuh Saudi. Belum lama ini Saudi cs mengirimkan daftar 13 tuntutan sebagai prasyarat untuk mengakhiri krisis. Di antara tuntutan itu termasuk menutup televisi Al-Jazeera yang berbasis di Doha, Qatar, menutup pangkalan militer Turki di Qatar, dan mengurangi hubungan dengan Iran.

Pemerintah Qatar juga didesak mengumumkan pemutusan hubungan dengan kelompok-kelompok militan seperti Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Ikhwanul Muslimin, Al-Qaeda, Hizbullah dan Jabhat Fateh al-Sham, bekas cabang al-Qaeda di Suriah. (dtc)