Kategori PWI PUSAT : Riau Pecahkan Rekor Peserta UKW Terbanyak

PWI PUSAT : Riau Pecahkan Rekor Peserta UKW Terbanyak

4
BERBAGI


PEKANBARU, Tribunriau – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melalui Ketua Bidang Organisasi, Sasongko Tedjo mengungkapkan bahwa sepanjang sejarah pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Riau telah memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak dalam satu angkatan.

Hal itu diungkapkan Sasongko saat memberi sambutan pada penutupan acara UKW yang digelar PWI Riau di Bengkalis Room, Ameera Hotel Pekanbaru, Sabtu (1/4/2017) malam.

” Ini yang terbesar, peserta satu angkatan mencapai 105 orang, dan hanya delapan yang belum berkompeten (tidak lulus, red). Riau telah pecahkan rekor, dan untuk mengimbanginya, kita dari PWI Pusat juga mengirimkan tim penguji terbaik dari berbagai propinsi di Indonesia si sini,” ungkap Sasongko.

Ditambahkannya, pelaksanaan UKW penting, tujuannya mengangkat harkat martabat profesi sebagai wartawan. Kita harus menarik tegas batasan antara wartawan dan yang bukan, dengan adanya sertifikat kompetensi diterapkan maka profesi wartawan semakin profesional seperti halnya dokter, notaris, guru dan lain-lain,” ungkapnya dan mengucapkan selamat kepada peserta yang berkompeten.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Riau, H Dheni Kurnia mengatakan, jumlah peserta UKW ini menjadi cerminan banyaknya anggota PWI Riau. Dheni menuturkan anggota PWI Riau mencapai 700 orang, dimana 480 diantarnya merupakan anggota biasa selebihnya anggota muda. 

Pada kesempatan itu ia menyampaikan terimakasih dengan hadirnya sejumlah pengurus PWI Pusat maupun tim penguji dari beberapa propinsi di Indonesia. 

Dheni mengatakan berdasarkan data di PWI ada 21 harian cetak di Riau, 31 mingguan, 30 radio swasta, 6 televisi lokal. Sementara untuk online yang tercatat di SPS sedikitnya 120 online.

“Ini semua menunjukkan pesatnya perkembangan pers dan media di Riau,” katanya. 

Seiring kenyataan itu maka sangat tepat bila pengiat pers terutama wartawan memiliki kemampuan yang baik dalam menjalankan tugasnya. Inilah pentingnya pelaksanaan UKW yang digelar PWI Riau. 

Pelaksanaan UKW kali ini tercatat paling banyak diikuti peserta. Total ada 105 peserta yang mengikuti uji kompetensi kategori Muda, Madya dan Utama.  Peserta UKW kata Dheni seluruhnya anggota PWI bahkan ada ketua PWI kabupaten yang mengikuti UKW. 

“UKW kali ini peminatnya cukup banyak mungkin karena dalam setahun belum ada dilaksanakan dan pelaksanaan kali ini memecah rekor kegiatan UKW di seluruh Indonesia, terbanyak,” kata Dheni. (Src, red)