Kategori BNN Riau Amankan 3 Pengedar Narkoba Serta 1,1 Kilogram Sabu Bernilai Miliaran...

BNN Riau Amankan 3 Pengedar Narkoba Serta 1,1 Kilogram Sabu Bernilai Miliaran Rupiah

BERBAGI


PEKANBARU, Tribunriau – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau mengamankan tiga orang masing-masingnya berinisial BPD, Ib dan Ad bersama 1,1 Kilogram Sabu.

Serbuk haram bernilai Miliaran Rupiah tersebut sudah disita petugas BNNP Riau sebagai barang bukti. Tersangka terancam hukuman seumur hidup, atau maksimalnya hukuman mati.

Kepala BNNP Riau Brigjen M wahyu Hidayat melalui Kepala Bidang Pemberantasan AKBP Haldun menuturkan, ketiga orang itu ditangkap di tiga tempat berbeda dan waktu yang berbeda-beda. Diawali dengan penangkapan terhadap BPD di rumahnya, daerah Marpoyan. Hasil penggeledahan, petugas menemukan Narkoba jenis Sabu seberat dua Ons. Usut punya usut, BPD ternyata bukan ‘pemain baru’, bahkan sudah lama jadi target operasi BNNP Riau.

“Dia ini merupakan Target Operasi (TO) kita dan sudah lama ditelusuri gerak-geriknya. Kita duga ini jaringan asal provinsi lain, di mana Sabunya dari Aceh lalu diedarkan di Kota Pekanbaru,” ungkap AKBP Haldun, Minggu (11/2/2018) siang, dilansir GoRiau.com.

Hasil pengembangan, muncul nama lainnya berinisial Ib (56) sebagai pemasok Narkoba untuk BPD. Sesuai keterangan BPD, BNNP Riau pun melacak keberadaan Ib sesuai ciri-cirinya.

Akhirnya, Ib diciduk tanpa perlawanan ketika sedang duduk bersama empat orang temannya di warung depan SPBU Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru. “Kita bawa dia ke rumahnya, karena di sana yang bersangkutan menyimpan Sabu,” beber Haldun.

Aparat BNNP Riau menemukan 10 kantong plastik berisikan sembilan Ons Sabu ketika melakukan penggeledahan di rumah Ib.

“Jadi totalnya 1,1 Kilogram (Penangkapan pertama dua Ons dan kedua sembilan Ons, red),” kata Haldun.

Sementara satu orang lainnya berinisial Ad, ditangkap dengan mudah oleh petugas setelah dua rekannya terlebih dahulu diringkus oleh BNNP Riau. Ada pun Ad ini diduga bertugas sebagai penjemput Narkoba untuk diedarkan ke daerah lain di Provinsi Riau, diantaranya Air Molek Kabupaten Inhu.(GR/tn)